Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Di SMP Negeri 2 Majene
Abstract
Penulisan artikel ini menggunakan metode kajian pustaka dengan tujuan untuk meningkatkan literasi sains melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan objek penulisan yakni siswa di SMPN 2 Majene. Siswa sebagai bagian dari masyarakat global perlu dilibatkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada disekitarnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan literasi sains. Literasi sains menjadi penting karena salah satu manfaatnya yaitu melatih kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah, sehingga peserta didik dapat memberikan solusi terhadap masalah yang ada melalui teori-teori sains. Namun, literasi sains di SMPN 2 Majene masih sangat rendah, berdasarkan asesmen nasional tahun 2022 tingkat Sekolah Menengah Pertama yang telah diolah menjadi rapor pendidikan Indonesia secara umum kemampuan literasi dan numerasi masih dibawah nilai minimum. Upaya yang dapat dilakukan dan sebagai kesimpulan tulisan ini bahwa untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran inkuiri. Keberhasilan pembelajaran dapat ditunjukkan jika siswa dapat memahami apa yang telah dipelajari serta bisa mengaplikasikannya dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: keterampilan abad 21, literasi sains, model pembelajaran inkuiri