Model Pembelajaran REMAKOGAP Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Siswa di Mata Pelajaran Biologi

Authors

  • Yoel Sura' UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Syutri Bawan Rumondor UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Ulva Nilawaty UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Arsad Bahri Universitas Negeri Makassar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran REMAKOGAP terhadap keterampilan metakognisi peserta didik. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Berdasarkan hasil pembahasan, keterampilan metakognitif merupakan kesadaran seseorang pada proses berpikir dan kemampuannya untuk mengontrol proses penyelesaian. Menurut Swartz dan Pepkins (Laurens, 2009) tingkat metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika antara lain Tacit use (penggunaan pemikiran tanpa kesadaran), Aware use (penggunaan pemikiran dengan kesadaran), Strategic use (penggunaan pemikiran yang bersifat strategis), Reflective use (penggunaan pemikiran yang bersifat reflektif). Tingkat metakognisi diukur dengan beberapa tahapan yaitu tahap planning (perencanaan), monitoring (pemantauan) dan evaluating (penilaian). Kemampuan metakognisi dapat membantu siswa melalui perancangan secara efektif untuk menyelesaikan permasalahan.            

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-16