Model Pembelajaran REMAKOGAP Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Siswa di Mata Pelajaran Biologi
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran REMAKOGAP terhadap keterampilan metakognisi peserta didik. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Berdasarkan hasil pembahasan, keterampilan metakognitif merupakan kesadaran seseorang pada proses berpikir dan kemampuannya untuk mengontrol proses penyelesaian. Menurut Swartz dan Pepkins (Laurens, 2009) tingkat metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika antara lain Tacit use (penggunaan pemikiran tanpa kesadaran), Aware use (penggunaan pemikiran dengan kesadaran), Strategic use (penggunaan pemikiran yang bersifat strategis), Reflective use (penggunaan pemikiran yang bersifat reflektif). Tingkat metakognisi diukur dengan beberapa tahapan yaitu tahap planning (perencanaan), monitoring (pemantauan) dan evaluating (penilaian). Kemampuan metakognisi dapat membantu siswa melalui perancangan secara efektif untuk menyelesaikan permasalahan.