Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Materi Pemanasan Global Kelas X SMA
Abstract
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Project Based Learning (PjBL) ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi bahan ajar yang relevan dengan perkembangan abad 21.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dari Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Pemanasan Global Kelas X SMA yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) dan menggunakan model pengembangan model 4D. Tahapan 4D terdiri dari 4 yaitu (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan (4) Disseminate (Penyebaran). Berdasarkan hasil evaluasi E-LKPD oleh validator ahli menunjukkan bahwa LKPD tersebut bersifat valid dengan nilai 4,4. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ini valid untuk digunakan.
Kata kunci: E-LKPD, PjBL, Pengembangan