Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Model Pembelajaran Langsung Kelas XII SMAN 21 Makassar

Authors

  • Fadiyah Tasya Annisa Universitas Negeri Makassar
  • Syamsiah Syamsiah Universitas Negeri Makassar
  • Andi Asmawati Azis Universitas Negeri Makassar
  • Hamka Lodang Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan kemampuan siswa dalam bertanya melalui penggunaan metode pembelajaran langsung pada topik enzim dan metabolisme di kelas XII di SMAN 21 Makassar. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa dari kelas XII L.M 3 di SMAN 21 Makassar. Dalam penelitian ini, kami mengadopsi model pembelajaran langsung. Data dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil analisis terhadap kemampuan bertanya siswa yang diamati oleh tiga pengamat menunjukkan bahwa dalam siklus I, rata-rata kemampuan bertanya siswa adalah sekitar 53,3%. Kemudian, terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II, di mana rata-rata kemampuan bertanya siswa meningkat menjadi sekitar 70,5%. Dengan demikian, temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung pada materi enzim dan metabolisme telah mencapai pencapaian yang diharapkan, yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam bertanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-16