MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OPSIDE
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menghadapi kemajuan teknologi dan lainnya. Keterampilan abad 21 juga telah menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan, yang termasuk di dalamnya Kemandirian Belajar di sisi lain, peradaban manusia telah memasuki era Pengetahuan. Kemampuan esensial yang diperlukan oleh luaran pendidikan adalah kemampuan berpikir dan kemandirian belajar. Rendahnya kemampuan tersebut salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran. Tulisan ini adalah literature review dengan metode pengembangan yang dilakukan integrasi pada model pembelajaran discovery learning dengan Model pembelajaran diturunkan dari teori humanisme dan behaviorisme, di mana siswa aktif terlibat dalam menemukan atau menemukan konsep, fakta, dan prinsip-prinsip baru melalui eksplorasi secara mandiri. penerapan model pembelajaran OPSIDE Pendekatan ini mendorong siswa untuk mengambil peran aktif dalam proses pembelajaran dan membangun pemahaman mereka sendiri sehingga meningkatkan kemandirian belajar dengan sehingga Siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri dengan cara mengembangkan materi pembelajaran.
Kata kunci: discovery learning, , kemandirian belajar, keterampilan abad 21, OPSIDE.