Pengembangan Model Pembelajaran Question- Prediction- Exploration- Reflection (QPER Model) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini mengulas terkait pengembangan model pembelajaran kooperatif Question-Prediction-Exploration-Reflection (QPER Model) untuk meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) bagi siswa. Model pembelajaran QPER merupakan model pembelajaran kooperatif yang mendorong terbentuknya keterampilan abad 21 khususnya keterampilan HOTS dimana keterampilan ini sangat penting bagi siswa sebagai bekal hidup di lingkungan sosial masyarakat di masa mendatang. Model pembelajaran kooperatif QPER memiliki sintaks atau tahapan pembelajaran yang diharapkan mampu mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur secara terstruktur melalui kajian hasil penelitian yang telah ada sebelumnya dan memiliki relevansi dengan topik kajian. Penulisan artikel ini didukung oleh pemaparan paham dan teori belajar yang menjadi syarat dalam pengembangan sebuah model pembelajaran.
Kata Kunci: Question-Prediction-Explore-Reflection (QPER Model), Keterampilan Abad 21, Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi