LITERASI DIGITAL MAHASISWA P.BIO UIN ALAUDDIN MAKASSAR: Analisis Kebutuhan Pengembangan Model STILL-aLI
Digital Literacy of Biology Education Students of UIN Alauddin Makassar: Needs Analysis Development of STILL-aLI Model
Abstract
Literasi digital merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai pada abad 21 khususnya mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk survei yang bertujuan untuk mengetahui gambaran awal kemampuan literasi digital mahasiswa pendidikan biologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi sebanyak 272 orang. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan bentuk survei sebanyak 46 orang. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner keterampilan literasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 77,21. Indikator Pencarian di Internet sebesar 80,43% pada kategori tinggi, Pandu Arah Hiperteks sebesar 72,17% kategori sedang, Evaluasi Informasi Konten sebesar 78,43% kategori Tinggi dan Penyusunan Pengetahuan sebesar 77,82% kategori Tinggi. Indikator sangat tinggi tidak ada atau 0%. Masih perlu peningkatan keterampilan pada beberapa indikator keterampilan literasi digital mahasiswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pembiasaan yang terintegrasi pada model pembelajaran.