MENGASAH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “MARASA”
Abstract
Kompetensi keterampilan merupakan salah satu kompetensi inti dalam kurikulum 2013. Kompetensi keterampilan untuk pembelajaran sains secara spesifik dikenal dengan istilah keterampilan proses sains (KPS). Seiring dengan perkembangan zaman maka pembelajaran abad 21 (berfikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi menjadi sangat penting bagi peserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Olehnya Keterampilan proses sains dapat menjadi salah satu jembatan untuk mencapai pembelajaran bermakna yang sesuai tuntutan zaman. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mendasain model pembelajaran MARASA (Mind storming by read, Analyze the problem, Raise up the solution, Applicate the solution, sharing, Arrange the true solution)yang dapat melatih ketrampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review. Model ini dikembangkan dengan mengintegrasikan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dengan Discovery Learning (DL). Model pembelajaran MARASA diharapkan dapat menjadi sarana efektif dalam mengasahketerampilan proses sains siswa dan membekali siswa dengan ketrampilan abad 21 yang relevan.
Kata kunci: Model Pembelajaran MARASA, Keterampilan Abad 21, Keterampilan Proses Sains