HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED-LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Authors

  • Anita Puspita SMAN 4 Pangkep

Keywords:

Higher Order Thinking Skill, Project based-Learning, Kolaborasi, perubahan lingkungan.

Abstract

Anita Puspita. 2023. Higher order thinking skill (HOTS) dan keterampilan  kolaborasi peserta didik  melalui model project based-learning pada materi perubahan lingkungan. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi. Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Asmawati Azis dan Muhammad Arsyad).  

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Al Nadim SMAN 4 Pangkep dengan jumlah 30 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Pembelajaran model project based-learning dilakukan untuk memperoleh data penelitian higher order thinking skill melalui tes hasil belajar berupa pretes dan postes. Selanjutnya memberikan tes angket keterampilan kolaborasi peserta didik (pra-PjBL dan post-PjBL) serta pemberian jurnal refleksi untuk mendukung data angket kolaborasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Setelah penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan, diperoleh analisis data statistik deskriptif, higher order thinking skill melalui model pembelajaran project based-learning pada materi perubahan lingkungan efektif dilatihkan pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan nilai N-gain sebesar C4 0,6; C5 0,4; dan C6  0,8. Keterampilan kolaborasi  melalui model pembelajaran project based-learning pada materi perubahan lingkungan efektif dilatihkan pada keterampilan berkontribusi aktif dengan nilai N-gain sebesar 0,48.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-17