Identifikasi Pemahaman Siswa Menggunakan Model Peta Konsep Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa

Authors

  • Muh. Bhilal Halim Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hidayat Universitas Negeri Makassar
  • M. Miftach Fakhri Universitas Negeri Makassar
  • Kurnia Prima Putra Universitas Negeri Makassar
  • Fadhilarahman Baso Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v1i2.227

Keywords:

Identifikasi Pemahaman, Model Peta Konsep

Abstract

Identifikasi Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Evaluasi Model Peta Konsep Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa Kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dalam bentuk deskriptif yang melibatkan variabel tunggal, yaitu pemahaman yang diidentifikasi dengan cara evaluasi model peta konsep. populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 120 siswa yang tersebar pada 3 kelas. Sampel yang dipilih secara acak sebanyak 30 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dua cara : Nilai siswa yang diperoleh melalui evaluasi multiple choice sebagai data pembanding dan nilai siswa yang diperoleh melalui evaluasi model peta konsep. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif inferential, Selanjutnya data tersebut dideskriptifkan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa pemahaman kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK Teknologi Somba Opu  kabupaten gowa yang diidentifikasi  dengan evaluasi multiple choice oleh guru bidang studi berada pada kategori tinggi dengan persentase skor ≥ 43,33% sedangkan identifikasi pemahaman siswa oleh peneliti menggunakan evaluasi model peta konsep  berada pada kategori rendah dengan persentase skor ≤ 30,00% dengan siswa yang sama. Melihat hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi model peta konsep lebih ideal digunakan dalam mengevaluasi pemahaman konsep siswa karena gambaran pemahaman siswa terlihat pada diagram pemetaan konsep

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sahabuddin, Mengajar dan belajar. Makassar: FIP UNM, 2007.

R. Anderson, Membuat siswa berkonsentrasi. Jakarta: Indeks, 2008.

S. Bahri, Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Astutiamin, “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Melalui Peta Pikiran (online.” 2009. [Online]. Available: http://astutiamin.wordpress.com/2009/11/26/meningkatkan-hasil-belajar-dan-kreativitas-siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/

Sugiyono, Metode penelitian adimistrasi. Bandung: Alfabeta, 2003.

N. Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2009.

N. Sudjana, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.” 1989.

A. Tiro, Dasar-dasar statistika. Makassar: Andira Publisher, 2008.

A. Manan, Pengantar Statistika Terapan Untuk Pendidikan Kejuruan. Makassar: Badan Penerbit UNM, 2008.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Muh. Bhilal Halim, Akmal Hidayat, M. Miftach Fakhri, Kurnia Prima Putra, & Fadhilarahman Baso. (2023). Identifikasi Pemahaman Siswa Menggunakan Model Peta Konsep Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Kelas XI SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa. Information Technology Education Journal, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.59562/intec.v1i2.227

Most read articles by the same author(s)