Efektivitas Penggunaan Spada Dikti dalam Mendukung Proses Pembelajaran Daring Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Authors

  • A. Bangki Ade Putri Hummaerah Universitas Negeri Makassar
  • Aminuddin Bakry Universitas Negeri Makassar
  • Ridwan Daud Mahande Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v2i1.257

Keywords:

Efektivitas, SPADA Dikti, Pembelajaran Daring, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan SPADA Dikti dalam proses pembelajaran daring bagi mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 80 orang mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Universitas Negeri Makassar yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan software IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SPADA Dikti dalam pembelajaran daring berdasarkan empat aspek evaluasi, yaitu aspek fungsi, aspek program, aspek tujuan, dan aspek kondisi ideal berada pada kategori sangat tinggi dengan total persentase 91%. Dengan demikian penggunaan SPADA Dikti pada mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Universitas Negeri Makassar dinyatakan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Suwahyu and A. Rahman, “Pemanfaatan Media Daring Pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid 19,” Intec Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 110–115, 2022.

S. Gunawan, “Analisis Kualitas Layanan Pengguna Website E- Learning Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Spada Dikti Program Kampus Merdeka),” MDP Student Conf., vol. 1, pp. 526–537, 2022.

S. N. Azizah, “Efektivitas Kinerja Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada Program Pentasharufan Dana Zakat di Baznas Kota Yogyakarta,” el-Jizya J. Ekon. Islam, vol. 6, no. 1, pp. 91–112, 2018, doi: 10.24090/ej.v6i1.2049.

Syamsurijal, H. Ruslan, and N. H. Basri, “Persepsi Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp di SMPN 2 Barombong,” vol. 1, no. 3, pp. 50–53, 2022.

M. Anwar, A. W. Kurniawan, and D. S. Yudasmara, “Studi Cross Sectional Antropometri Anak Usia 7-12 Tahun Dataran Rendah,” Gelangg. Pendidik. Jasm. Indones., vol. 3, no. 2, p. 91, 2020, doi: 10.17977/um040v3i2p91-96.

R. Anggarani, “Efektivitas Pembelajaran Daring Media Google Classroom Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

A. R. Hamdani and A. Priatna, “Efektivitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang,” vol. VI, pp. 1–9, 2020.

I. N. Sari, “Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia,” Universitas Islam Indonesia, 2018.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

A. Bangki Ade Putri Hummaerah, Aminuddin Bakry, & Ridwan Daud Mahande. (2023). Efektivitas Penggunaan Spada Dikti dalam Mendukung Proses Pembelajaran Daring Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Information Technology Education Journal, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.59562/intec.v2i1.257