Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran Sejarah Secara Daring
DOI:
https://doi.org/10.59562/intec.v2i2.274Keywords:
Aplikasi, Youtube, Media PembelajaranAbstract
Artikel ini membahas tentang pemanfaatan apalikasi YouTube dalam pembelajaran sejarah secara daring. Adapun tujuan artikel ini untuk memanfaatkan internet dan teklogi dalam pembelajran sejarah secara daring. adapun tujuan dari artikel ini untuk memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang sebagai media pembelajran di era kemajuan teknologi saat ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahawa: (1) Aplikasi YouTube sanga bagus untuk menjadi media Pembelajaran sejarah saat ini, karena banyak vidio di aplikasi YouTube tengtang sejarah yang dapat kita tonton. (2) Aplikasi YouTube memiliki kekurangan dan kelebihan, serta bisa menjadi aplikasi yang positif dan bisa juga menjadi aplikasi yang negatif dan berdampak buruk bagi penggunya, tergantung dari individu masing-masing dalam menggunakanya. (3) Aplikasi YouTube ini juga bisa menjadi alat untuk menghasilkan informasi yang berkaitan dengan pendidikan dan bukan pendidikan. Selain itu YouTube juga menjadi sarana hiburan bagi para penggunya, serta bisa menjadi alat untuk pendaptkan penghasilan bagi para kratornya. Selain menjadi media belajar online yang tepat, aplikasi YouTube juga bisa di aplikan ke kelas offline untuk menikmati materi dengan tampilan gambar.
Downloads
References
A. Baihaqi, A. Mufarroha, and A. I. T. Imani, “Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang,” EDUSIANA J. Manaj. dan Pendidik. Islam, vol. 07, no. 01, pp. 74–88, 2020, [Online]. Available: http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana
M. Mujib and D. A. Rizal, “Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid 19: Studi Terhadap Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-Ien,” Nusant. J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 303–320, 2022, doi: 10.14421/njpi.2022.v2i2-6.
D. Permatasari, A. Amirudin, and A. J. Sittika, “Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Glas., vol. 6, no. 1, p. 10, 2021, doi: 10.32529/glasser.v6i1.1164.
U. H. Salsabila, I. S. Habiba, I. L. Amanah, N. A. Istiqomah, and S. Difany, “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA,” J. Ilm. Ilmu Terap. Univ. Jambi|JIITUJ|, vol. 4, no. 2, pp. 163–173, 2020, doi: 10.22437/jiituj.v4i2.11605.
Iga Luhsasi Dwi and Sadjiarto Arief, “Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa,” J. Ekon. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 2, pp. 219–229, 2017, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/1595
M. P. Covid et al., “MODEL PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA,” vol. 2, no. 2, pp. 124–139, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.