Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Multimedia pada PTIK UNM

Authors

  • Muh Akbar Aflaha Universitas Negeri Makassar
  • Zulhajji Universitas Negeri Makassar
  • Fathahillah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengembangan , Teknologi Multimedia, Modul, Research and Development (R&D)

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengembangan suatu modul pembelajaran dan menguji tingkat penilaiannya serta uji lapangan dengan pengguna sebanyak 30 mahasiswa. Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Teknologi Multimedia dibuat dengan menggunakan dengan metode penelitian dan pengembangan 4D (Four-D) Penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan uji lapangan modul pembelajaran Teknologi Multimedia yang dilakukan terhadap 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Angkatan 2020, persentase respon mahasiswa dari seluruh aspek adalah (180/210) x 100% = 85,7. Maka dari penilaian tersebut, dapat diartikan bahwa modul pembelajaran mata kuliah Teknologi Multimedia layak digunakan sebagai sumber belajar di Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Kelayakan modul pembelajaran juga didukung dengan tanggapan positif dari mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. S. Lamada dan M. Wilma, “Keaktifan Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer,” J. Nalar Pendidik., vol. 9, no. 1, hal. 17, 2021.

I. ketut Suastika dan A. Rahmawati, “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual,” JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., vol. 4, no. 2, hal. 58, 2019.

Y. Zega dan F. Eliza, “Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, hal. 227, 2020.

Parmin dan E. Peniati, “Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar ipa berbasis hasil penelitian pembelajaran,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 1, hal. 8–15, 2012.

L. Mustikasari, G. Priscylio, T. Hartati, dan W. Sopandi, “The development of digital comic on ecosystem for thematic learning in elementary schools,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1469, no. 1, 2020.

B. S. Anggoro, “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, hal. 121–130, 2015.

F. L. Purnama, “Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving Pada Tema 6 Subtema Tubuh Manusia Kelas V Sd/Mi.Skripsi,” Vol. 44, No. 8, Hal. 1–139, 2018.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Muh Akbar Aflaha, Zulhajji, & Fathahillah. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teknologi Multimedia pada PTIK UNM. Information Technology Education Journal, 3(2), 60–63. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/578

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>