Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Usaha Budidaya Ikan Nila (Studi Kasus Pada Fish Makmur Mrs) di Kabupaten Maros

Authors

  • Marhawati Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/je3s.v4i1.172

Keywords:

Lingkungan internal, lingkungan eksternal, analisis SWOT

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui: 1) Lingkungan internal  dan eksternal dari usaha budidaya ikan nila Fish Makmur Mrs ,  2)  alternatif  strategi  apa  yang  bisa dterapkan agar usaha budidaya ikan nila bisa berkembang dan menghadapi pesaing. Penelitian ini menggunakan metode    penelititan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan   wawancara,   observasi   dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu Fish Makmur Mrs yang mengusahakan ikan nila .Analisis yang digunakan adalah faktor internal (Internal Factor Analysis Summary), analisis faktor eksternal (External Factor Analysis Summary) dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan internal perusahaan memiliki posisi yang kuat dimana kekuatan memiliki nilai total sebesar 3,59 berbanding kelemahan sebesar 1,35. Posisi perusahaan terhadap lingkungan di luar juga memiliki posisi yang kuat dimana peluang perusahaan memiliki nilai total sebesar 2,87 berbanding ancaman sebesar 0,88. Perolehan nilai skor dari faktor internal sebesar 2,24 dan faktor eksternal sebesar 1,99, maka usaha budidaya ikan nila berada pada kuadran pertama, maka langkah yang harus dilakukan oleh usaha Fish Makmur Mrs adalah menetapkan strategi kebijakan Strength-Opportunity (S-O) yaitu meningkatkan kekuatan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, Luh Ayu, I G A Ketut Giantari, dan I Putu Gde Sukaatmadja. 2017. Formulasi Strategi Bisnis Dan Implikasinya Pada Strategi Pemasaran Di Puri Kelapa Garden Cottages Sanur. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 7No. 2 2017 hlm: 77-87

Ardinata, D., Reswita, & Sriyoto. (2018). Analisis Efisiensi dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Nila Sistem Kolam Air Deras di Desa Tanah Periuk II Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Samudra Akuatika, 2(1), 14–22.

Atapukan, A. A. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Sumber Mina Lestari Di Dau, Kabupaten Malang Jawa Timur. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5827

Darsono, (2012). Potensi Ikan Gesit. Jakarta: Penebar Swadaya.

Eteke, C. N., Sinjal, H., Ngangi, E. LA, Darwisito, S., (2019). Strategi Pengembangan Budi daya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Keramba Jaring Apung Danau Galela Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Platax, 7(2), 2302–3589. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/platax

Hadijah, S., Basir Dan, M., & Damayanti, L. (2015). Analisis Pendapatan Dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Nila Di Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. J. Agroland, 22(3), 235–243.

Hanugrah, N. (2013). Cara Budidaya Ikan Nila. Sumbarprov.Go.Id. https://www.sumbarprov.go.id/home/news/1120--cara-budidaya-ikan-nila

Lestari, Endah Prapti. (2011). Pemasaran Strategik: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nugroho, B. D., Hardjomidjojo, H., & Sarma, M. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar dan Ikan Hias Air Tawar pada Kelompok Mitra Posikandu Kabupaten Bogor. Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 127. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.127-136.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Royensyah, R. Van. (2013). Strategi Pemasaran Agribisnis Ikan Nila Dalam Di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (Marketing Strategy in Tilapia Fish Agribisnis at Babirik District Hulu Sungai Utara Regency). Jurnal Sains STIPER Amuntai, 3(1), 9–16.

Saleh, J., Budi, S., & Salam, S. (2021). Pengembangan budidaya ikan nila. Sulawesi selatan: Penerbit CV. Berkah Utami.

Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28.

Sutabri, T., & Napitupulu, D. (2018). Sistem Informasi Bisnis. Andi.

Yogi, Adang Widjana, dkk. (2007). Manajemen Strategik Terapan. Jakarta: Polyama Widy Pustaka.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Marhawati. (2023). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Usaha Budidaya Ikan Nila (Studi Kasus Pada Fish Makmur Mrs) di Kabupaten Maros. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 4(1), 465–477. https://doi.org/10.26858/je3s.v4i1.172