The Influence of Group Counseling Based on Holland's Theory on the Career Planning of High School Students

Authors

  • Desi Farah Dita Madia Department of Educational Psychology and Guidance, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Abdul Saman Department of Educational Psychology and Guidance, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Suciani Latif Department of Educational Psychology and Guidance, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Keywords:

Group Counseling, Holland Theory, Career Planning

Abstract

This research focuses on the impact of group counseling based on Holland's theory on career planning for twelfth-grade students at Public Senior High School 1 Takalar. Using a quantitative approach and a quasi-experimental non-equivalent control group design, the study involved 57 students as the population, with 20 students selected as the sample divided into experimental and control groups. Data were collected through a career planning scale and observation guidelines. The findings revealed that, before the intervention, students' career planning levels were in the low category. After group counseling based on Holland's theory, the experimental group experienced a significant improvement to the high category, while the control group remained low. The implementation of group counseling adhered to the procedure with high student participation. Utilizing t-test analysis, a significant difference was observed between the two groups, indicating that group counseling based on Holland's theory positively influenced the career planning of students at Public Senior High School 1 Takalar. These findings contribute significantly to enhancing the effectiveness of career counseling in the school

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M. I. A. 2021 . Pelaksanaan teori john holland untuk kematangan karir siswa di smk dwi tunggal tanjung morawa. Disertasi Tidak Diterbitkan Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Amalianita, B., & Putri, Y. E. 2019. Perspektif Holland theory serta aplikasinya dalam bimbingan dan konseling karir. JRTI Jurnal Riset Tindakan Indonesia . Volume 4, Issue 2 h. 63-70.

Anggraeni, L. D. 2021. Pengaruh Penerapan Layanan Informasi Melalui Multimedia Terhadap Perencanaan Karir Di Smk Negeri 1 Banjarmasin. Thesis. Banjarmasin: Universitas Islam kalimantan.

Anisah L. 2015. Model Layanan Informasi Karir dengan Teknik Field Trip Untuk Meningkatkan Perencanaan karir siswa SMK di Kabupaten Demak. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Volume 1, Issue 1.

Arjanggi, R.2017. Identifikasi permasalahan pengambilan keputusan karir remaja. Psikologika.Volume 2, Issue 1, h.28-34.

Aryani, F., & Rais, M. 2018. Bimbingan Karir Masa Depan Untuk Meraih Sukses Ke Perguruan Tinggi. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Astuti, B. 2012. Modul Konseling Individual Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY.

Aulia, N., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. 2022. Pengembangan Konseling Karir John Holland dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Volume 7, Issue 1, h. 156-162.

Aulia, N., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. 2022. Pengembangan Konseling Karir John Holland dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Volume 7, Issue 1, h. 156-162.

Budiyono, N. R., & Aji, A. S. 2021. Aplikasi Konsultasikarir Untuk Memilih Jurusan Dan Strategi Perencanaan Karir Nararya.Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 6 2 , 25–32.

Dayani, M. M. 2020.Pengembangan Modul Bimbingan Karir Untuk Studi Lanjut Siswa/i Kelas VIII Yayasan Pendidikan Ikhwanul Muslimin II TA 2019/2020. Skripsi (Tidak Diterbitkan).Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Deni Novia Anggraeni, F. 2012 . Peningkatkan Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X-BB SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2011/2012.Skripsi (Tidak Diterbitkan).Jawa Tengah:Universitas Kristen Satya Wacana

Dewi, R. P., & Rochmani, K. W. 2020. Pengaruh Konseling Karir Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi. In Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi UMBY.

Emnur, M., Putra, D. P., & Wae, R. 2022. Perencanaan Karir Siswa Kelas Xl Di SMA 1 Negeri Palupuah Kabupaten Agam. Educational Guidance and CounselingDevelopment Journal. Volume 5 , Issue 1 h. 32.

Esterdairiana. 2013. Kematangankarir Dalamperencanaan Studi Para Siswa Kelas X Akuntansi Smk N 43 Jakarta. Jurnal Psiko-Edukasi. Volume 11

Fajrinita, V. 2022. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membantu Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Banda Aceh Skripsi (Tidak Diterbitkan).Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Farhan, F., & Biran, M. 2022. Perspektif teori holland dalam pemilihan karir siswa SMA di era teknologi informasi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 8, Issue 1, h. 9.

Fauziah, H.F. 2019. Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Self- Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampun

Fauziah, Mega, I., & Afdal. 2020. Modifikasi Guru Kelas Dalam Bimbingan Karir Di SD/MI Pada Masa New Normal. Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Volume 3, Issue 3.

Fikriyani, D. N., & Herdi, H. 2021. Perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling. Volume, 7, h. 11-14.

Habibi, A. S. Y. 2021. Kontribusi Persepsi Siswa tentang Jurusan dan Harapan Orangtua terhadap Perencanaan Karir Siswa SMKN 2 Kota Bukittinggi Thesis.Padang: Universitas Negeri Padang

Harahap, N. A., Amalianingsih, R., & Hidayat, D. R. 2020. Tipe Kepribadian dalam Mengambil Keputusan Karir Berdasarkan Teori John L. Holland. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11 1 , 40-46.

Hidayat, S. 2018.Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Pemilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Pada Sisiwa Kelas XI SMA N 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Lampung: UIN Raden Intan Lampung

Irianto, A. 2014. Statistik Terapan, Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Irmayanti, R. 2019. Perencanaan Karier Pada Peserta Didik SMP. Jurnal Quanta. Volume 3, Issue 1, h. 1-6.

Jannah, D. H., Hulukati, W., & Smith, M. B. 2022. Pengembangan Modul Perencanaan Karir Berbasis Teori Karir Holland Sebagai Media Bimbingan Dan Konseling Pada Siswa SMA/Sederajat Di Kota Gorontalo.Jurnal. Volume 6, Issue 1, h.01-15

Kasan, I. A. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir Di Kelas X Sma Negeri 1 Tilamuta. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Volume 7, Issue 2, h.83-89

Kurnanto, EM. 2014. Konseling Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Kurniawan, K., & Utari, W. 2021. Pelaksanaan pengembangan karir guru di SMK TI Labbaika Samarinda. Jurnal Manajerial Bisnis. Volume 4, Issue 3, h.222-234.

Kurniwati, S. Z., & Hidayat, D. D. R. 2021. Career Planning Based On The Personality Of High School Students “John L. Holland’s Personality Theory Of Career". Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Volume 12, Issue 1, h. 21-30.

Lestai, I. 2017. Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Volume 3, Issue 1.

Lucy, B. 2016 . Panduan Praktis Tes Minat Bakat Anak. Jakarta Timur: Penebar PLUS+ Penebar Swadaya Grup

Marhamah, C. 2020. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir Dan Perencanaan Karir Siswa Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di SMA Negeri 1 Kutacane. Skripsi (Tidak Diterbitkan).Banda Aceh: Universitas Islam Negeri.

Napitupulu, D. S. 2019 . Konsling Karir: Eksistensi Dan Urgensi. In International Seminar And Conference Guidance And Counseling Collaboration Departement Guidance And Counseling Islamic Fitk-Uinsu Medan With Academy Of Tarbiyah Science Al Ittihadiyah p. 183 .

Pandang, A., & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan Konseling Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Prayitno & Erman, A. 2014. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: PT Ikrar Mandiri.

Prayoga, M. F. E. P., & Martunis, Q. A. 2018. Studi Layanan Informasi Terhadap Perubahan Sikap Siswa Dalam Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Volume 3, Issue 1, h. 86–92.

Priyatno, T. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Purwanto. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonimi Syariah. Magelang: Staia Press.

Puspitaningrum, T. D. 2018. Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Sma. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Volume 3, Issue 1.

Putri, I. E., Yusuf, A. M., & Afdal, A. 2021 . Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3, Issue 4, h. 1669-1675.

Putri, N. D. 2019. Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Perencaan Karir Siswa Kelas Xl di SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karir. Jurnal Wahana Konseling. Volume 2, Issue .2, h. 158-166.

Putri, RD, & Sari, SP 2018 . Implementasi Teori Karir John Holland dalam Bimbingan dan Konseling. PENCERAHAN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Volume 1, Issue 2, h. 126-132.

Rahayu, P. P. 2022. Perencanaan Karir Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3, Issue 1, h.1-7

Rahayu, P. P. 2022. Perencanaan Karir Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa Kelas Xii Sma Negeri 5 Semarang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3, Issue 1, h. 105–110.

Rahman, A., Syarif, M., Afnibar, A., & Susanti, M. 2018. Pendampingan Bagi Pengentasan Kemiskinan Nelayan Melalui Konseling Karir Pantai Barat Kota Padang. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Volume 1, Issue 1, h. 80-99.

Ramadhani, E., & Jannah, AT 2020 . Analisis Bimbingan Karir Teori Holland Dalam Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling. Volume 7, Issue 2 .

Ria, M. Y., & Hasnidar. 2020. Work-family conflict and career development on performance of married women employees: Case of bank employees, Indonesia. INTERNATIONAL JOURNAL OF RESEARCH IN BUSINESS AND SOCIAL SCIENCE. Volume 9, Issue 1, h.2147–4478.

Safriani, R. 2018. Efektifitas Teori Bimbingan Karir John Holland Dalam Membantu Pengambilan Keputusan Karir Career Decision Making Di Man 3 Medan. Tesis (Tidak Diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55–62.

Sapitri, L. 2018. Model layanan bimbingan karir dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa di SMKN 2 Mataram. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram.

Setyawati, R. K. 2021. Peran Bagian SDM & Perlunya Perencanaan Karir bagi Karyawan. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan. Volume 6, Issue, 2, h.177-191.

Siahaan, D. N. A., Iswari, M., & Afdal, A. 2020. Program Konseling Karir di Man 1 Medan. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman. Volume 6, Issue.1, h. 19-34.

Siregar, S., 2014. Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitompul, L. 2018. Meningkatkan pemahaman perencanaan karir melalui layanan bimbingan karir di sekolah dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang tahun 2017-2018. TABULARASA. Volume 15, Issue 3, h. 316-327.

Sudarto, S. (2016). Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 2(1), 105–120.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. 2018. Hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri Pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Volume 4, Issue 2, h. 188-191.

Tama, A. 2019. Efektivitas Penerapan Teori Karir John L. Holland Terhadap Peningkatan Perencanaan Karir Siswa.Skripsi (Tidak Diterbitkan). Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Wahyudi, I., Yusuf, A. M., & Afdal, A. 2021. Analisis Terhadap Holland Theory Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 3, Issue 5, h. 1880-1890.

Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. 2020. Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun. Jurnal Edusaintek. Volume 4, Issue 2.

Yuline, Y., Putri, A., Halida, H., & Fergina, A. 2022. Urgensi Dan Manfaat Pengukuran Kepribadian Karir Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. Volume 9, Issue 2, h. 118-130.

Zahroh Kurniawati, S., & Hidayat, D. R. 2021. Perencanaan Karir Berdasarkan Kepribadian Pada Siswa SMA “Teori Kepribadian Karir John L. Holland”. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Volume 12, Issue 3.

Zainudin, Z. N., Rong, L. W., Nor, A. M., Yusop, Y. M., & Othman, N. W. 2020. The Relationship Of Holland Theory In Career Decision Making : A Systematic Review Of Literature. Journal of Critical Reviews. Volume 7, Issue 9, h. 884–892.

Zulyana, L. 2021. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang tua Dengan Perencanaan Karir Siswa Di SMK Pertanian Dan Perternakan PP Negeri Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Padang: Universitas Negeri Padang

Published

2024-03-06

Issue

Section

Articles