Correlation Between Memorizing the Qur'an and Santri's Arabic Speaking Skills

Authors

  • Arina Alfinayanti Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Sitti Muthmainnah Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Laelah Azizah Department of Foreign Languages, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Keywords:

Qur’an Memorization, Arabic Language, Speaking Skills

Abstract

This study is a correlational aimed to determine: 1) The description of Qur’an memorization among students; 2) The description of Arabic speaking skills among students; 3) The correlation between Qur’an memorization and Arabic speaking skills among students of PPM Darul Hasanah Polewali Mandar. The population of this study consists of all eight-grade students totaling 49 studentes, while the sample is the eight-grade class B students consisting of 26 students. The data analysis technique used is descriptive and inferential analysis using the Pearson Product Moment correlation formula. Based on the research findings, it can be concluded that: 1) Qur’an memorization among stundents is in the moderate category with an average score of 64,50; 2) Arabic speaking skills among students are in the low category with an average score of 42,50; 3) There is no significant correlation between Qur’an memorization and Arabic speaking skills among students of PPM Darul Hasanah Polewali Mandar. Thus, it can be conluded that there is no significant correlation between Qur’an memorization and Arabic speaking skills among students of PPM Darul Hasanah Polewali Mandar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Gautsani, Y. 2018. Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Ammar, A., & Al-Adnani, Abu, F. 2015. Negeri-negeri Penghafal Al-Qur’an. Sukoharjo: Al-Wafi Publishing.

Aryati, A., Azizah, M., Hazmin. 2020. Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa. Journal of Education and Instruction. 3(1) (75-84).

Basuki, I., A. 2014. Hakikat Berbicara. Modul. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Enramika, T. 2022. Bentuk Tes Kemahiran Berbicara Bahasa Arab (Tingkat Dasar, Menengah dan Lanjutan). Islamic Education. 2(1). 14-24.

Fajeri, A., A. 2016. Implementasi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an untuk Meningkatkan Kecakapan Menghafal Al-Qur’an Siswa. Anterior Jurnal. 15(2). 189-190.

Fakhrudi, A., A. 2016. Penggunaan Metode Langsung Terhadap Keterampilan Berbahasa Arab Siswa Kelas XI MA Nudia Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Fauziah, N., Ritonga, M., & Alrasi, F. 2020. Korelasi Tsiqah Al-Qur’an dengan Maharah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Mustawa Tsalits Ma’had Az-Zubair Bin Al-Awwam. Jurnal El-Tsaqofah. 19(1). 25-34.

Hajar, I. 2020. Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Bahasa Arab Santri Kelas VII MTs PONPES Al Urwatul Wutsqaa Sidrap. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Hilmi. 2021. Metode Inovatif Pembelajaran Maharah Kalam. Journal Intelektualita. 10(1). 183-184.

Ilham, M., & Wijiati, I., A. 2020. Keterampilan Berbicara: Keterampilan Berbicara. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Ismail, J., & Budian, A. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengarang dengan Metode Critical Incident Siswa Kelas VA SD Negeri Unggulan 1 Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). 3(10). 1323.

Kumaidi, B. 2014. Model Asesmen Musabaqah Tilawah Al-Qur’an (MTQ) Cabang Tilawah. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. 18(2). 162.

Laksono, J. 2021. Perbandingan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab antara Siswa Asrama dan Luar Asrama Kelas XI MA Pondok Pesantren Awaluddin Kuo Mamuju Tengah. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Mardiyah, I. 2019. Studi Korelasi antara Hafalan Al-Qur’an dengan Kecerdesan Spritual Siswa Kelas VIIIB MTs Muhammadiyah Wangon Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwekerto.

Maulinda, R. 2021. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif di SMK Nusantara Plus Tangerang Selatan. Geram. 9(1). 48.

Mistari. 2018. Korelasi Jumlah Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas V MI Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Matram.

Nurulloh, A. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Bermain Ritmis Melalui Metode Latihan dan Media Audio di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Kota Gede, Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktapiani, A. 2020. Tingkat Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Akhlaq. 5(1). 98.

Parnawi, A. 2020. Psikologi Belajar. Sleman: Deepublish Publisher.

Putri, A., S., & Uyun, Qurotul. 2017. Hubungan Tawakkal dan Resiliensi pada Santri Remaja Penghafal Al-Qur’an di Yogyakarta. Journal Pendidikan Psikologi. 4(1). 78.

Rohmah, M., N. 2021. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Menggunakan Reka Cerita Bergambar Materi Afradul ‘Usrah Kelas IVB MI Setia Bhakti Trawas Mojokerto. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rusdi, R., Muthmainnah, S., & Kurniati Asr, W. (2020). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM ISYARAH DALAM MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO KABUPATEN PANGKEP. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Saepuddin. 2012. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Sapitra, R. 2021. Pengaruh Keterampilan Berbicara Bahasa Arab terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas IX Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar. Learning and Teaching Journal. 2(1). 25-26.

Sari, H., R. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa kelas VB SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudarto, S. (2016). Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 2(1), 105–120.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suma, M. A. 2014. Ulumul Qur’an. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprianto, T. 2017. Meningkatkan Keterampilan Back Roll dalam Senam Lantai pada Siswa Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 4 Balikpapan Melalui Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran. Journal Ilmu Pendidikan. 11(1). 39.

Syukran, A., S. 2019. Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz. 1(1). 90-108.

Taufik. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Tolib, A. 2015. Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. 1(1). 62.

Ulummudin. 2020. Memahami Hadis-hadis Keutamaan Menghafal Al-Qur’an dan Kaitannya dengan Program Hafiz Indonesia di RCTI (Aplikasi Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid). Al Quds Jurnal Studi Alquran dan Hadis. 4(1). 57-76.

Wahyono, H. 2017. Penilaian Kemampuan Berbicara di perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Aktualisasi Prinsip-Prinsip Penilaian. Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya. 1(1). 29-30.

Wijayanti, P., E. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar 1 Pedes, Sedayu, Bantul, Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuniarti. 2020. Hubungan Menghafal Al Quran dengan Kemampuan Bahasa Arab di Pesantren Dempo Darul Muttaqien. Al-Fatih. 3(2). 223.

Zubaidillah, M., M. 2018. Hubungan Kemampuan Bahasa Arab dengan Prestasi Hafalan Al Quran. Jurnal Al Mi’yar. 1(2). 19-38.

Published

2024-05-08

Issue

Section

Articles