Vol. 8 No. 1 (2024): Peran Model Pembelajaran, Literasi Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, dan Pemahaman Konsep Geometri

Volume 8 Nomor 1 Tahun 2024 menyoroti tema tentang model pembelajaran, literasi matematika, kemampuan berpikir kritis matematis, dan pemahaman konsep geometri dalam konteks pendidikan matematika.

Model pembelajaran merujuk pada pendekatan atau metode yang digunakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Pilihan model pembelajaran dapat memengaruhi bagaimana siswa memahami konsep matematika, termasuk geometri. Literasi matematika mencakup kemampuan individu untuk memahami, menggunakan, dan menginterpretasikan konsep matematika dalam berbagai konteks. Kemampuan berpikir kritis matematis adalah kemampuan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan membuat penalaran yang kuat terkait dengan konsep matematika. Pemahaman konsep geometri adalah kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan konsep dasar geometri, seperti bentuk, ukuran, dan hubungan spasial antara objek.

Penelitian dalam konteks judul ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan literasi matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis, khususnya dalam pemahaman konsep geometri. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan wawasan baru tentang bagaimana pendekatan pembelajaran yang efektif dapat membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik, meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, dan meningkatkan literasi matematika secara keseluruhan.

Dengan demikian, judul tersebut mencerminkan kompleksitas hubungan antara model pembelajaran, literasi matematika, kemampuan berpikir kritis matematis, dan pemahaman konsep geometri dalam konteks pendidikan matematika. Penelitian dalam kerangka ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan berorientasi pada hasil, dengan fokus pada meningkatkan pemahaman dan penerapan konsep matematika pada siswa.

Published: 2024-03-31

Articles