Penerapan Media Pembelajaran Google Sites pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa
Keywords:
Media Pembelajaran, Google Sites, Geografi, Hasil BelajarAbstract
Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa di dalam kelas yang nantinya akan menentukan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran google sites pada standar kompetensi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika litosfer. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Gowa. Data penelitian ini meliputi hasil tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif, lembar observasi serta dokumentasi. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran google sites dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika litosfer kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Gowa. Dengan keefektifan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya dari yang awalnya hanya berada pada kategori rendah pada tahap siklus I kemudian mengalami peningkatan hingga berada pada kategori sedang pada tahap akhir siklus II.
Downloads
References
Agus. S. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arifin, Z. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arsyad, A. 2019. Media pembelajaran. Bogor: PT. Raja Grafindo Persada.
Asep, J. & Abdul, H. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo
Djamarah, Syaiful, B. dan Aswan, Z.. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta..
Djamarah, Syaiful, B. dan Aswan, Z.. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Erfan, M., et al. 2020. Pengembangan game edukasi “Kata Fisika” berbasis android untuk anak sekolah dasar pada materi konsep gaya. Jurnal Pendidikan, 11.
Eveline, S. & Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.
Roberto, K., Sri, N. S., & Tri, I. P. 2021. Pelatihan Penggunaan dan Pemanfaatan Google Sites dalam Mendukung Proses Pembelajaran di Yayasan Al-Hikmah Tanjung Pura. Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, 3-4.
Hopkins. 1993. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Fajrin Noer Ahmad, Sugeng A. Karim, Harifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.