Penerapan Media Pembelajaran Google Sites pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa

Authors

  • Andi Fajrin Noer Ahmad PTIK
  • Sugeng A. Karim Universitas Negeri Makassar
  • Harifuddin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Media Pembelajaran, Google Sites, Geografi, Hasil Belajar

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa di dalam kelas yang nantinya akan menentukan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan  hasil  belajar  siswa setelah penerapan media pembelajaran google sites pada standar kompetensi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika litosfer. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Gowa. Data penelitian ini meliputi hasil tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif, lembar observasi serta dokumentasi. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran google sites dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika litosfer  kelas X IPS 1 di  SMA Negeri 2 Gowa. Dengan keefektifan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya dari yang awalnya hanya berada pada kategori rendah pada tahap siklus I kemudian mengalami peningkatan hingga berada pada kategori sedang pada tahap akhir siklus II.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus. S. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arifin, Z. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arsyad, A. 2019. Media pembelajaran. Bogor: PT. Raja Grafindo Persada.

Asep, J. & Abdul, H. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo

Djamarah, Syaiful, B. dan Aswan, Z.. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta..

Djamarah, Syaiful, B. dan Aswan, Z.. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Erfan, M., et al. 2020. Pengembangan game edukasi “Kata Fisika” berbasis android untuk anak sekolah dasar pada materi konsep gaya. Jurnal Pendidikan, 11.

Eveline, S. & Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.

Roberto, K., Sri, N. S., & Tri, I. P. 2021. Pelatihan Penggunaan dan Pemanfaatan Google Sites dalam Mendukung Proses Pembelajaran di Yayasan Al-Hikmah Tanjung Pura. Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, 3-4.

Hopkins. 1993. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Noer Ahmad, A. F., Sugeng A. Karim, & Harifuddin. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Information Technology Education Journal, 3(2), 47–49. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/1258

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)