Pengembangan Modul Pada Mata Kuliah Aplikasi Multimedia Menggunakan Software Inkscape

Authors

  • Ita Permatasari Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Harifuddin Universitas Negeri Makassar
  • Udin Sidik Sidin Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil pengembangan modul Mata Kuliah Aplikasi Multimedia Menggunakan Software Inkscape di Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar, dan (2) Mengetahui tanggapan pengguna modul Mata Kuliah Aplikasi Multimedia menggunakan Software Inkscape di Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan KomputerJurusan Teknik Informatika dan KomputerUniversitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Uji coba penelitian dilakukan dalam dua kelompok yaitu uji coba kelomok kecil melibatkan mahasiswa yang berjumlah 23 responden, dan uji coba kelompok besar melibatkan mahasiswa yang berjumlah 40 responden. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) modul Mata Kuliah Aplikasi Multimedia Menggunakan Software Inkscape yang diaplikasikan di Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar, dan (2) hasil tanggapan pengguna terhadap modul Mata Kuliah Aplikasi Multimedia Menggunakan Software Inkscape berada pada kategori baik untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Arifin & Setiyawan, 2012)Arifin, Z., & Setiyawan, A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (cetakan ke 15). jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, A. D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Jingga, G. M. (2013). Panduan lengkap menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Araska.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Nomor, U.-U. R. I. (18 C.E.). Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Bandung: Citra Umbara.

Punaji, S. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sukarjo Sukarjo, P. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSERVASI UNTUK PENGUATAN KARAKTER KONSERVASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN DI PGSD UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2).

Sumarno, A. (2012). Hakikat pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yani, J. A. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Ramadhani, I. P., Harifuddin, & Udin Sidik Sidin. (2024). Pengembangan Modul Pada Mata Kuliah Aplikasi Multimedia Menggunakan Software Inkscape . Information Technology Education Journal, 3(1), 24–28. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/281

Issue

Section

Articles