Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Anastiti Cahya Dewati Universitas Negeri Makassar
  • Ruslan Universitas Negeri Makassar
  • Lu'mu Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster, Canva

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster menggunakan canva dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP 26 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research dan Development (R&D) dengan medel ADDIE  tahapan pengembangan (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan media, serta kepada siswa SMPN 26 Makassar sebagai pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan presentase 89.3% untuk ahli materi dan 86.5% untuk ahli media. Hasil pengujian kepada siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat prkatis untuk digunakan dengan presentase 91.83%. Data yang diperoleh menujukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media belajar untuk mata Pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Darung, iya Setyasih, and M. V. R. Ningrum, “Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis (Materi Dinamika Atmosfer) Development of Geography Learning Media Using Infographic Posters (Atmospheric Dynamics Material),” J. geoedusains, vol. 1, no. 1, pp. 27–41, 2020.

M. Hidayati, “Meningkatkan Keterlibatan Berproses dan Prestasi belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Ular Tangga,” J. Pendidik. Ekon. Din. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 193–213, 2010.

H. Suryaningsih and Wahyu Kurniawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas Iv Sd Pundung Imogiri Bantul,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1–8, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta., 2017.

B. Samodro, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mengenal Alat Gerak Manusia (Arasia) Untuk Siswa Kelas V Di Sd Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta,” pp. 362–375, 2020.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Cahya Dewati, A., Ruslan, & Lu’mu. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Information Technology Education Journal, 3(2), 39–46. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/1837

Issue

Section

Articles