Pengembangan Media Pembelajaran Poster Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster, CanvaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster menggunakan canva dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP 26 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research dan Development (R&D) dengan medel ADDIE tahapan pengembangan (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Media pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan media, serta kepada siswa SMPN 26 Makassar sebagai pengguna. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan presentase 89.3% untuk ahli materi dan 86.5% untuk ahli media. Hasil pengujian kepada siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat prkatis untuk digunakan dengan presentase 91.83%. Data yang diperoleh menujukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media belajar untuk mata Pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi.
Downloads
References
A. Darung, iya Setyasih, and M. V. R. Ningrum, “Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis (Materi Dinamika Atmosfer) Development of Geography Learning Media Using Infographic Posters (Atmospheric Dynamics Material),” J. geoedusains, vol. 1, no. 1, pp. 27–41, 2020.
M. Hidayati, “Meningkatkan Keterlibatan Berproses dan Prestasi belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Teknik Ular Tangga,” J. Pendidik. Ekon. Din. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 193–213, 2010.
H. Suryaningsih and Wahyu Kurniawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sumber Daya Alam Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas Iv Sd Pundung Imogiri Bantul,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1–8, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta., 2017.
B. Samodro, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mengenal Alat Gerak Manusia (Arasia) Untuk Siswa Kelas V Di Sd Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta,” pp. 362–375, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anastiti Cahya Dewati, Ruslan, Lu'mu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.