Persepsi Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp di SMPN 2 Barombong

Authors

  • Syamsurijal Universitas Negeri Makassar
  • Ruslan Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Hisani Basri Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v1i3.251

Keywords:

Persepsi, Efektivitas, Pembelajaran Daring, Whatsapp

Abstract

Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring menggunakan whatsapp. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMPN 2 Barombong dan sampel penelitian dipilih secara acak dengan menggunakan metode slovin sehingga diperoleh 204 siswa yang menjadi reponden pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara online melalui google form. Berdasarkan hasil analisis persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring menggunakan whatsapp SMPN 2 Barombong yaitu; (1) persepsi siswa pada aspek fungsi penggunaan whatsapp sebagai media daring didominasi oleh kategori rendah dengan persentase 43%, (2) persepsi siswa pada aspek rencana penggunaan whatsapp sebagai media daring didominasi oleh kategori tinggi dengan persentase 61%, (3) persepsi siswa pada aspek ketentuan penggunaan whatsapp sebagai media daring didominasi oleh kategori tinggi dengan persentase 50%, (4) persepsi siswa pada aspek kondisi ideal penggunaan whatsapp sebagai media daring didominasi oleh kategori tinggi dengan persentase 58% dan (5) hasil belajar siswa selama menggunakan whatsapp sebagai media pembelajaran daring berada pada kategori cukup dengan persentase 68% untuk kelas VII, 45% untuk kelas VIII dan 63% untuk kelas IX, hasilnya menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan whatsapp berada pada kategori tinggi dengan persentase 41% dan efektif digunakan sesuai dengan pendapat siswa terhadap penerapan pembelajaran daring menggunakan whatsapp ini bagus untuk meninjau penghematan kouta internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. 2012. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. 2020. Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783. April 20, 2021. https://jbasic.org/.

Husamah. 2014. Pembelajaran bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.

Ihsanuddin. 2020. Fakta lengkap kasus pertama virus corona di Indonesia. https://nasional.kompas.com. Diakses 25 April 2021.

M. Prawiro. 2019. Pengertian persepsi adalah: Faktor, Jenis, Proses, Contoh Persepsi. maxmanroe.com. Di akses 26 Januari 2022

Muasaroh, Latifatul, 2010. Aspek-aspek efektifitas. Yogyakarta : Literatur Buku.

Nurhuda, N. N., Mangesa, R. T., & Malik, M. Nasir. 2021. Efektivitas media pembelajaran video pada model pembelajaran virtual mata kuliah strategi belajar mengajar di Prodi PTIK JTIK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal Media TIK, 4(1), 18-22. Oktober 12, 2021. http://ojs.unm.ac.id.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Syamsurijal, Ruslan, & Nurul Hisani Basri. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp di SMPN 2 Barombong. Information Technology Education Journal, 1(3), 50–53. https://doi.org/10.59562/intec.v1i3.251

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>