Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Informatika

Authors

  • Wahyu Djuddah Universitas Negeri Makassar
  • Iwan Suhardi Universitas Negeri Makassar
  • Sanatang Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil pengembangan e-modul mata pelajaran Informatika berbasis Project Based Learning Kelas X di SMAN 1 Toraja Utara, (2) Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul pada mata pelajaran Informatika berbasis Project Based Learning Kelas X di SMAN 1 Toraja Utara, dan (3) Mengetahui keefektifan pengembangan e-modul pada mata pelajaran Informatika berbasis Project Based Learning Kelas X di SMAN 1 Toraja Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu model 4D. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang sedang mempelajari mata Pelajaran Informatika. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui lembar uji validasi dan angket tanggapan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan e-modul pada mata pelajaran Informatika berbasis Project Based Learning Kelas X di SMAN 1 Toraja Utara memiliki nilai persentase validitas sebesar 96.51% dengan kategori sangat layak. Kedua, e-modul Informatika yang telah dikembangkan juga mendapatkan respon atau tanggapan pengguna yang baik berdasarkan analisis frekuensi peserta didik dengan nilai persentase sebesar 92%. Ketiga, e-modul pada mata pelajaran Informatika kelas X SMAN 1 Toraja Utara memperoleh rata-rata penilaian dengan kategori sangat efektif.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, 2014.

L. P. E. Diantari, L. P. E. Damayanthi, N. S. Sugihartini, and I. M. A. Wirawan, “Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.23887/janapati.v7i1.12166.

W. Sutami, P. Teknik Informatika dan Komputer, and U. Negeri Makassar, “Pengembangan Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi Jurusan Multimedia,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 2, no. 1, 2023.

M. Rais, “Project-Based Learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills,” Makalah Seminar Nasional Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Surabaya, 2010.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Wahyu Djuddah, Iwan Suhardi, & Sanatang. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Informatika . Information Technology Education Journal, 3(2), 140–145. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/2144

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>