Pengembangan Game Edukasi Tes Potensial Akademik Berbasis RPG Maker di SMAN 1 Sidrap

Authors

  • Muhammad Najamuddin Rusdi Bahar Universitas Negeri Makassar
  • Syarifuddin Kasim Universitas Negeri Makassar
  • Udin Sidin Sidik Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.215

Keywords:

RPG Maker MV, Game Edukasi, Tes Potensial Akademik

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan game edukasi pengenalan siswa SMA terhadap soal-soal Tes Potensial Akademik berbasis RPG Maker MV serta mengetahui hasil pengujian kelayakan game edukasi Tes Potensial Akademik berbasis RPG Maker MV menggunakan standar ISO/IEC 25010. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dengan research atau mencari informasi kebutuhan pengguna dan informasi pendukung lainnya, kemudian kegiatan development atau membangun game dari research yang sudah didapatkan. Tes Potensial Akademik merupakan salah satu materi yang digunakan di banyak tes, salah satunya SBMPTN. Tidak adanya media yang digunakan saat sosialisasi membuat siswa sulit memahami soal yang diberikan. game ini dibangun menggunakan aplikasi photoshop untuk mengedit gambar dan RPG Maker MV untuk pemrograman gamenya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, game ini dapat membantu mempermudah pemahaman siswa dalam mengenal soal Tes Potensial Akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2013). Sekilas Tentang Tes Potensi Akademik (TPA). Diambil 29 Juli 2019, dari https://psikologi.unair.ac.id/en_US/sekilas- tentang-tes-potensi- akademik-tpa/

Azhar Susanto. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Lingga Jaya.

Baswedan, A. (2015). Pendidikan Karakter. Diambil 28 Juli 2019, dari http://www.kemendikbud.com/seminar- pendidikan-karakter.html/

Clark, D. (2006). Games and E-learning. 31.

Clark, R. E., & Choi, S. (2005). Five design principles for experiments on the effects of animated pedagogical agents. Journal of Educational Computing Research.

Darmawan S. B., Taghfirul A. Y. S., & Heri A. (2016). Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta: STIMIK Amikom.

Dennis. A, Wixom. B, and Roth. R. (2006). System Analysis and Design. John Wiley and Sons, Inc pp. 171-209.

Fansuri, F. (2012). Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. 8.

Hidayati, A., Ririd, A. ., & Sarwosri. (2009). Analisa Pengembangan Model Kualitas Berstruktur Hirarki.

Iqbal, H. (2016). An Approach For Analyzing ISO / IEC 25010 Product Quality Requirements Based On Fuzzy Logic And Likert Scale For Decision Support Systems. 7.

Iskandar Wiryokusumo dalam Afrilianasari. 2014 Teori Pengembangan, Surabaya. Land, R. (2018). Measurements of Software Maintainability. 5.

Larman. C, Basili. V. R, (2003). Iterative and Incremental Development: A Brief

History. Computer, vol. 36, no. 6, pg. 47-56, doi:10.1109/ MC.2003.1204375.

Lewis, J. R. (1990). Psychometric evaluation of an after-scenario questionnaire for computer usability studies: the ASQ. ACM SIGCHI Bulletin. 78–81. Diambil dari https://doi.org/10.1145/122672.122692

Muqtadiroh, F. A., & Kuswardayan, I. (2011). Pembelajaran Sejarah Palagan Ambarawa Melalui Game Edukasi Berbasis FPS. 7.

Mustari. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Materi Rantai Makanan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. TESIS. University of Muhammadiyah Malang.

Palmer, N. (2015). RPG Maker MV. Diambil 28 Juli 2019, dari http://www.rpgmakerweb.com/products/progra ms/rpg-maker-mv

Panjianto, T. (2017). MEDIA GAED (GAME EDUKASI) DALAM PEMBELAJARAN (Impelementasi Game Edukasi Dalam Pembelajaran Anak).

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1. Yogyakarta: Andi.

Rifai, W. A. (2015). Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Universtas Negeri Yogyakarta.

Saidiman, A. S. (2010). Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta.

Saifuddin, A. (2010). Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Tes dan Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sidik, A. (2018). Metode Prototyping. Diambil 28 Juli 2019, dari http://awaysidik.blogspot.co.id/2013/07/metode-prototyping-menurut- raymond.html

Sugiyono. (2014). Metode Penilitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Bandung alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Muhammad Najamuddin Rusdi Bahar, Syarifuddin Kasim, & Udin Sidin Sidik. (2022). Pengembangan Game Edukasi Tes Potensial Akademik Berbasis RPG Maker di SMAN 1 Sidrap. Information Technology Education Journal, 1(1), 61–65. https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.215