Analisis Minat Siswa Dalam Penggunaan E-Commerce Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.59562/intec.v1i2.238Keywords:
Minat, E-Commerce, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam penggunaan e-commerce melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan minat siswa dalam menggunakan e-commerce sangat tinggi.Selain itu, minat siswa dalam menggunakan social media dalam mengembangkan usaha berada pada kategori tinggi, dan minat siswa dalam memasarkan usaha melalui personal selling dan door to door berada pada kategori cukup. Hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis proyek menunjukkan hasil belajar dengan indikator penilaian hasil proyek, penilaian persentasi, penilaian psikomotorik dan penilaian afektif. Melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat merancang sebuah usaha yang dapat dikembangkan berbantuan e-commerce yang saat ini berkembang di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam merancang dan melakukan refleksi terhadap kelancaran sebuah usaha sudah sangat baik.
Downloads
References
Nurhidayah, “Minat Lulusan SMA Untuk Melanjutkn Studi Ke Jenjang Perguruan Tinggi (Studi Kasus Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),” J. Akutansi Dan Investasi, vol. 6, no. 1, pp. 95–106, 2009.
A. T. Lopa, A. Arfandi, and J. R. E. Salim, “Analisis minat siswa setelah lulus Sekolah Menengah Kejuruan: Studi kasus SMK Negeri 2 Parepare,” Semin. Nas. LP2M UNM, pp. 456–459, 2019.
J. Inovasi and P. Kimia, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 9, no. 2, pp. 1596–1606, 2016.
S. R. Dwi Ariani, I. Addiin, and T. Redjeki, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014,” J. Pendidik. Kim. Univ. Sebel. Maret, vol. 3, no. 4, pp. 7–16, 2014.
Yalcin, S. A., Turgut, Ü., dan Büyükkasap, E., 2009, The Effect of Project Based Learning on Science Undergraduates’ Learning of Electricity, Attitude
Towards Physics and Scientific Process Skills, International Online Journal of Educational Sciences, Vol 1, Hal 1, Hal: 81-105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.