E-Modul Teori dan Praktikum Mata Kuliah Pemrograman Jaringan

Authors

  • Syamsinar Universitas Negeri Makassar
  • Jumadi M Parenreng Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Wahid Universitas Negeri Makassar
  • Muliadi Universitas Negeri Makassar
  • Abd. Rahman Patta Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Modul Pembelajaran, Program Jaringan, E-Modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui hasil e-modul teori dan praktikum mata kuliah pemrograman jaringan. (2) Mengetahui kelayakan penggunaan e-modul teori dan praktikum pada mata kuliah pemrograman jaringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, yang juga dikenal sebagai R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan Four-D (4D), yang memiliki beberapa tahapan diantaranya, yaitu : define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini meliputi dua ahli materi, dua ahli media, dan tanggapan mahasiswa Program Studi PTIK FT UNM angkatan 2018 dan 2019. Lembar penilaian kelayakan ahli materi dan ahli media, serta angket tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan e-modul digunakan untuk penilaian kelayakan e-modul. Berdasarkan hasil angket atau lembar instrumen untuk ahli media dan ahli materi untuk modul pembelajaran dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran masuk dalam kategori Sangat Layak, dengan nilai persentase 87,93% untuk ahli materi dan 91,76% untuk ahli media. Sedangkan hasil respon mahasiswa diperoleh nilai persentase sebesar 92% dan tergolong Sangat Baik. Sehinggga E-Modul Teori dan Praktikum Mata Kuliah Pemrograman Jaringan “Sangat Layak” dan dapat gunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Arifin. “Nilai Nilai Humanistik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Globalisasi Dan Revolusi Industri 4,” Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, vol. 0, no. 0. pp. 1–9, 2018.

P. I. Delianti, “Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan.” vol. 3, no. 2, pp. 109–113, 2020.

N. H. Panggabean and A. Danis. Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis, 2020.

Nurdyansyah and N. Mutala’liah. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Progr. Stud. Pendidik. Guru Madrasa Ibtida’iyah Fak. Agama Islam Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, vol. 41, no. 20, pp. 1–15, 2015.

N. Hikmah, M. Hamid, and Syamsurijal. “Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Program Studi PTIK JTIK FT UNM,” J. Mediat. J. Media Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 13–16, 2021.

L. Akhmadi, A. D. Herlambang, and S. H. Wijoyo. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D,” vol. 3, no. 4, pp. 3874–3879, 2019.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Syamsinar, Jumadi M Parenreng, Abdul Wahid, Muliadi, & Abd. Rahman Patta. (2024). E-Modul Teori dan Praktikum Mata Kuliah Pemrograman Jaringan . Information Technology Education Journal, 3(1), 55–61. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/304

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>