E-Modul Teori dan Praktikum Mata Kuliah Pemrograman Jaringan
Keywords:
Modul Pembelajaran, Program Jaringan, E-ModulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui hasil e-modul teori dan praktikum mata kuliah pemrograman jaringan. (2) Mengetahui kelayakan penggunaan e-modul teori dan praktikum pada mata kuliah pemrograman jaringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, yang juga dikenal sebagai R&D (Research and Development), dengan menggunakan model penelitian pengembangan Four-D (4D), yang memiliki beberapa tahapan diantaranya, yaitu : define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini meliputi dua ahli materi, dua ahli media, dan tanggapan mahasiswa Program Studi PTIK FT UNM angkatan 2018 dan 2019. Lembar penilaian kelayakan ahli materi dan ahli media, serta angket tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan e-modul digunakan untuk penilaian kelayakan e-modul. Berdasarkan hasil angket atau lembar instrumen untuk ahli media dan ahli materi untuk modul pembelajaran dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran masuk dalam kategori Sangat Layak, dengan nilai persentase 87,93% untuk ahli materi dan 91,76% untuk ahli media. Sedangkan hasil respon mahasiswa diperoleh nilai persentase sebesar 92% dan tergolong Sangat Baik. Sehinggga E-Modul Teori dan Praktikum Mata Kuliah Pemrograman Jaringan “Sangat Layak” dan dapat gunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
I. Arifin. “Nilai Nilai Humanistik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Globalisasi Dan Revolusi Industri 4,” Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, vol. 0, no. 0. pp. 1–9, 2018.
P. I. Delianti, “Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan.” vol. 3, no. 2, pp. 109–113, 2020.
N. H. Panggabean and A. Danis. Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Nurdyansyah and N. Mutala’liah. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Progr. Stud. Pendidik. Guru Madrasa Ibtida’iyah Fak. Agama Islam Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, vol. 41, no. 20, pp. 1–15, 2015.
N. Hikmah, M. Hamid, and Syamsurijal. “Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer di Program Studi PTIK JTIK FT UNM,” J. Mediat. J. Media Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 13–16, 2021.
L. Akhmadi, A. D. Herlambang, and S. H. Wijoyo. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D,” vol. 3, no. 4, pp. 3874–3879, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syamsinar, Jumadi M Parenreng, Abdul Wahid, Muliadi, Abd. Rahman Patta
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.