Pengembangan E-Modul Berbasis Project-Based Learning Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi

Authors

  • Ninik Rahayu Ashadi Universitas Negeri Makassar
  • Mustari S. Lamada Universitas Negeri Makassar
  • Erwin Jaya Universitas Negeri Makassar

Keywords:

E-modul, Project-Based Learning, Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan tanggapan pengguna terhadap e-modul berbasis Project-Based Learning pada mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Subjek pada penelitian ini 35 siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 10 Makassar. Data peneliti diperoleh dengan teknik wawancara, dokumentasi dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. E-modul pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi telah dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar setelah dilakukan pengujian kepada ahli materi, ahli media, dan responden. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi mendapat kategori ‘‘Sangat Layak’’ dengan persentase sebesar 93,10%. Hasil kelayakan dari pengujian oleh ahli media mendapat kategori ‘‘Sangat Layak’’ dengan persentase sebesar 86,66%. Sedangkan uji coba kepada responden (siswa) mendapatkan rata-rata hasil persentase sebesar 83% yang masuk dalam kategori ‘‘Sangat Baik’’. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai penunjang proses belajar-mengajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di SMK Negeri 10 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Subhan and D. Kurniadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 1, p. 74, Feb. 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103755.

G. A. A. N. Amos Neolaka, Sampul Depan Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup, 2017th ed.

Y. Elmasari, P. Anggara, and K. Kunci, “E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Smk Sore Tulungagung,” Inf. Commun. Technol., vol. 5, pp. 29–39, 2021.

Ikra Ain Fahwa, Riana T. Mangesa, and Andi Baso Kaswar, “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Sistem Operasi di Program Studi PTIK Universitas Negeri Makassar,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 7–12, 2023, doi: 10.59562/intec.v2i2.270.

P. N. Erdi, T. R. Padwa, P. Teknologi, and D. Kejuruan, “Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning,” 2022, doi: 10.24036/javit.v2i1.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Ninik Rahayu Ashadi, Mustari S. Lamada, & Jaya, E. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Project-Based Learning Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi. Information Technology Education Journal, 3(2), 99–104. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/2399

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)