Pengembangan Sistem Presensi Berbasis Android Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pascasarjana UNM

Authors

  • Abdul Muis Mappalotteng Universitas Negeri Makassar
  • Al Imran Universitas Negeri Makassar
  • Mahdaniar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v2i2.271

Keywords:

Sistem Presensi, Android, QR Code

Abstract

Presensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan program pascasarjana UNM dalam pelaksanaannya masih secara manual dengan menggunakan tanda tangan pada selebaran kertas absen untuk setiap mata kuliah. Sehingga dapat menimbulkan adanya permasalahan, seperti mahasiswa  dapat  memanipulasi  kehadiran. Selain itu, dengan pelaksanaan presensi secara manual ini memerlukan waktu dan tentunya proses rekapitulasi presensi oleh dosen menjadi kurang efektif dan kurang akurat. Jadi penelitian ini merupakan penilitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem presensi mahasiswa berbasis Android dengan teknologi QR Code pada Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pascasarjana UNM serta mengetahui hasil pengujian sistem berdasarkan standar kualitas ISO 25010. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan sistem yang digunakan adalah prototyping dan data dikumpulkan menggunakan penyebaran angket terhadap 30 responden. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah sistem Pengembangan Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Android Pada Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pascasarjana UNM dengan hasil pengujian terhadap 5 aspek ISO 25010 mendapatkan hasil dalam kategori sangat layak, yaitu pada aspek  functionality, suitability, usability, portability, performance efficiency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, R. (2021). Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Menggunakan Qr Code Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Elektronika Dan Komputer, Vol.14, No.1, Juli 2021, Pp. 47 - 58, 14(1), 12.

Iso 25010. (N.D.). Diakses Dari: Https://Www.Iso.Org/Obp/Ui/#Iso:Std:Iso-Iec:25010:Ed-1:V1:En. Pada Tanggal 19 Februari 2022. Pukul 21.00 Wita.

Kala’lembang, A., & Islamiyah, M. (2018). Aplikasi Pengolahan Presensi Perkuliahan Dengan Metode Low Fidelity Prototype Di Stmik Asia Malang. 2.

Kholifah, D. N., Jefi, J., Solecha, K., & Fai, M. A. (2022). Perancangan Program Absensi Karyawan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Pt Kedai Sayur Indonesia. Indonesian Journal On Software Engineering (Ijse), 8(1), 115–124. Https://Doi.Org/10.31294/Ijse.V8i1.13025

Sari, T. N. (2016). Analisis Kualitas Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Standard Iso 9126. Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(1). Https://Doi.Org/10.26798/Jiko.2016.V1i1.15

Siregar, L. (2020). Review Pengujian Keamanan Perangkat Lunak Dalam Software Development Life Cycle (Sdlc). Journal Of Applied Sciences, Electrical Engineering And Computer Technology, 1(3), 1–11. Https://Doi.Org/10.30871/Aseect.V1i3.2380

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 6(2).

Yoko, P., Adwiya, R., & Nugraha, W. (2019). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Aplikasi Sipinjam Berbasis Website Pada Credit Union Canaga Antutn. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 212. Https://Doi.Org/10.24843/Jim.2019.V07.I03.P05

Yulia, L., & Setianingsih, W. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya). 9(1).

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Abdul Muis Mappalotteng, Al Imran, & Mahdaniar. (2023). Pengembangan Sistem Presensi Berbasis Android Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Program Pascasarjana UNM . Information Technology Education Journal, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.59562/intec.v2i2.271

Most read articles by the same author(s)