Efektivitas Penggunaan Layanan Watch2gether Dalam Hubungan Long Distance Relationship (LDR) Terhadap Mahasiswa JTIK
DOI:
https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.538Keywords:
Efektivitas, Watch2gether, Long Distance RelationshipAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada materi hardware komputer di SMK Negeri 1 Bantaeng, b) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hardware komputer di SMK Negeri 1 Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Bantaeng yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar materi Hardware komputer. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata siklus I dari 67 menjadi 78 pada siklus II. Persentase peningkatan siswa yang tuntas sebesar 34% dari 44% menjadi 78%. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa teknologi Augmented Reality ini sangat baik dan lebih efektif digunakan dalam pembelajaran karena teknologi ini bersifat interaktif dan menyenangkan yang membuat siswa lebih aktif terlibat dan antusias serta lebih mudah memahami materi hardware komputer. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga relatif mudah, cukup dengan menginstal aplikasi di smartphone kemudian, melakukan scan marker, siswa sudah dapat melihat objek hardware komputer.
Downloads
References
D. Mulyana and M. A. Phd, Ilmu komunikasi suatu pengantar. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
S. Nugroho, “Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA 5 Semarang.” Skripsi S1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES. Semarang.(Unpublished).
F. Afanin Salma, “Efektivitas Metode Takrir Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Kelas Leader di SD Al-Iryad 02 Cilacap.” IAIN Purwokerto.
Z. Salsabil and M. Arfa, “Efektivitas website femaledaily. com dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna,” J. ilmu Perpust.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muh Abi Zaid Alkhudri, Abdul Muis Mappalotteng, Syamsidah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.