PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR BERBASIS BAHAN AJAR CETAK DI SMKN

Authors

  • M. Rafqi syamruddin universitas negeri makassar
  • Sapto Haryoko Universitas Negeri Makassar
  • Mustari Lamada Universitas Negeri Makassar

Abstract

Pengembangan Model Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Bahan Ajar Cetak diSMKN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Sapto Haryoko, Mustari Lamada. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan modul pembelajaran komputer dan jaringan dasar dan untuk mengetahui kelayakan modul komputer dan jaringan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan 4D dan ADDIE yang dikombinasikan (Define, Design, Development,Evaluate, Dessiminate). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan angket. Siswa juga dilibatkan untuk mendapatkan respon kelayakan modul oleh pengguna. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas X TKJ SMKN 2 Luwu Timur. Produk modul pembelajaran telah divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Ujicoba dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu ujicoba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang siswa dan ujicoba lapangan yang melibatkan 26 orang siswa. Pengukuran yang digunakan menggunakan skala likert dengan rumus distribusi presentase. Hasil penelitian menghasilkan modul pembelajaran  komputer dan jaringan dasar. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi aspek pengembangan dan layak digunakan. Hasil ujicoba kelompok kecil dan ujicoba lapangan disimpulkan bahwa modul pembelajaran komputer dan jaringan dasar yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sistem Pendidikan NASIONAL,” Pusdiklat Perpusnas, vol. 18, no. 1, p. 6, 2003.

A. N. Hasudungan, “Pengunaan Buku Teks Sejarah Indonesia Pada Satuan Pendidikan Menengah atas Dalam Kurikulum 2013,” Educ. Learn., vol. 1, no. 1, pp. 12–19, 2021, doi: 10.57251/el.v1i1.11.

Dikti, “Standar Penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” Asesmen Pembelajaran SD, no. 1, pp. 2–4, 2008.

D. Kristiani, “E-learning dengan aplikasi Edmodo di sekolah menengah kejuruan,” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. Unisbank, pp. 36–45, 2016, [Online]. Available: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/viewer.html?pdfurl=https://media.neliti.com/media/publications/173054-ID-e-learning-dengan-aplikasi-edmodo-di-sek.pdf&clen=152295&chunk=true

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

M. Rafqi syamruddin, Sapto Haryoko, & Mustari Lamada. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR BERBASIS BAHAN AJAR CETAK DI SMKN. Information Technology Education Journal, 3(1), 7–13. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/380

Issue

Section

Articles