Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Wajo

Authors

  • Lutriani Universitas Negeri Makassar
  • Mustari Lamada Universitas Negeri Makassar
  • Massikki Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.151

Keywords:

Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar, Keaktifan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas XI RPL SMKN 2 Wajo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui kuisioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 responden. Data diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis data dan menggunakan aplikasi SPSS 25 yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas, teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang digunakan pada setiap variabel tersebut menunjukkan di mana variabel kegiatan esktrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa berada pada kategori baik. Berdasarkan uji korelasi terjadi hubungan yang sedang/cukup diantara kedua variabel tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas XI RPL SMKN 2 Wajo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damanik, S. A. (2014a). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Mts. Negeri Model Makassar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 105–116.

Damanik, S. A. (2014b). Pramuka Ekstrakuriler Wajib Di Sekolah.

Darmawan, I. P. A. (2020). Peningkatan Mutu Implementasi Dasa Dharma Pramuka Melalui Cerita Itihasa. Pintu: Pusat Penjaminan Mutu, 1(2), 154–161.

Fitri, N., Syahrul, & Lamada, M. S. (2019). Pengaruh Metode Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi dan. Jurnal Media Tik, 30–33.

Hajar, S., Tinus, A., & Budiono. (2019). Pembinaan Kesiswaan Untuk Penumbuhan Dan Penguatan Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan Osis. Jurnal Civic Hukum, 4(1), 59.

Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1, 1–7.

Isya, M. A. (2020). Role-playing dalam Meningkatkan Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Materi Hijrah Nabi ke Madinah pada Siswa Kelas V MI Riyadhul Ulum Bangil Tahun Pelajaran 2019-2020. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 4(1), 41–50.

Parwati, N. N., Suryawan, P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (2nd ed.). PT RajaGrafindo Persada, Depok.

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114.

Sujiyanto, H., & Febrianingsih, D. (2020). Peran ekstrakurikuler rohis dalam penanaman sikap beragama siswa man 2 ngawi jawa timur. Journal Of Islamic Education, 5(2), 156–168.

Sya’bani, M. A. Y. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan Menyatakan Pendapat Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Focus Group Discussion (Fgd) Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan. Tamaddun, 1.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIII(2), 384–399.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Lutriani, Mustari Lamada, & Massikki. (2022). Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Wajo. Information Technology Education Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.151

Most read articles by the same author(s)