Perancangan dan Pembuatan Trainer Voice Over Internet Protocol Untuk Praktikum Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan Di SMKN 10 Makassar

Authors

  • Zulhajji
  • Mustari S Lamada
  • Hary Subahagia Makassar State University

Keywords:

VoIP, Trainer, SMK, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui perancangan trainer voice over internet protocol (VoIP) sebagai media pembelajaran di SMKN 10 Makassar dan untuk mengetahui tanggapan pengguna terhadap penggunaan trainer VoIP dalam kegiatan praktik mata pelajaran teknologi layanan jaringan khususnya materi VoIP yang mana sebelumnya kegiatan belajar mengajar dan praktik materi VoIP tidak menggunakan trainer karena ketiadaan trainer VoIP di sekolah dan mengganggu model jaringan yang telah terpasang pada labolatorium komputer. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE melalui lima tahapan yaitu analisis (analize), desain (design), pengembangan (develop), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Selanjutnya pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert untuk mendapatkan validasi ahli media dan respon guru serta peserta didik. Hasil validasi ahli media menyatakan trainer yang dibuat memenuhi syarat valid, untuk respon guru dan siswa mencapai kriteria sangat menarik. Sehingga trainer yang dibuat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi VoIP mata Pelajaran teknologi layanan jaringan kelas XI TKJ di SMKN 10 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenamedia Group.

Huba & Freed. 2000. Learner Centered Assessment On College Campuses. The Dryden Press Saunders College Publishing, US.

Santoso, dkk. 2016. Pengembangan Trainer Signal Conditioning. Jurnal TK Undiksha, Vol. 13.

Arikunto, dkk. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Novianto, A. 2018. Teknologi Layanan Jaringan, Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Untuk SMK/MAK kelas XI. Jakarta. Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Farza Mirza Sultan. 2022. Perancangan Trainer Kendali Motor Listrik Berbasis PLC pada mata kuliah praktikum pengendalian mesin listrik. Skripsi. UIN ArRaniry Banda Aceh.

Mushlihah, Kunni, Yetri dan Yuberti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman Dengan Output Instagram Pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Educations, Vol.1. No.3.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung.

Farza Mirza Sultan. 2022. Perancangan trainer kendali motor listrik berbasis plc pada mata kuliah praktikum pengendalian mesin listrik. Skripsi. UIN ArRaniry Banda Aceh.

Mushlihah, Kunni, Yetri dan Yuberti. 2018. Pengembangan media pembelajaran berbasis multi representasi bermuatan sains keislaman dengan output instagram pada materi hukum newton. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Educations, Vol.1. No.3.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Zulhajji, Mustari S Lamada, & Hary Subahagia. (2024). Perancangan dan Pembuatan Trainer Voice Over Internet Protocol Untuk Praktikum Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan Di SMKN 10 Makassar. Information Technology Education Journal, 3(2), 56–59. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/518

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)