Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa
Keywords:
Keterlambatan Mahasiswa, Faktor Internal, Faktor EksternalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pedekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket atau kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, angket berisikan 35 butir pernyataan terdiri dari 5 opsi dengan poin 1-5 yaitu sangat setuju (1), setuju (2), kurang setuju (3), tidak setuju (4), sangat tidak setuju (5) kemudian hasil respon mahasiswa dianalisis menggunkan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa memiliki 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang menjadi penyebab keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa terdiri dari faktor kecerdasan, motivasi, minat, kesehatan, keterlambatan serta merasa bosan dan bingung. Sementara itu, faktor eksternal yang menjadi penyebab keterlambatakan penyelesaian studi mahasiswa terdiri dari faktor fasilitas belajar, lingkungan keluarga, teman bergaul, lingkungan kampus dan bahan pembelajaran.
Downloads
References
R. T. Mangesa, M. S. Lamada, and A. Khaerunnisa, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Pemilihan Mata Kuliah Konsentrasi di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2022.
A. Winardi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FPTK UPI,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 2, p. 192, 2016, doi: 10.17509/jmee.v1i2.3798.
I. Irmayanti, D. D. Andayani, and I. Suhardi, “Evaluasi Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Di Tengah Pandemi Covid-19,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 100–103, 2022.
M. Muspawi, D. Denmar, and W. Septiani, “Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa,” JAS-PT (Jurnal Anal. Sist. Pendidik. Tinggi Indones., vol. 4, no. 1, p. 21, 2020, doi: 10.36339/jaspt.v4i1.294.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul izzati inayah, Massikki, Sanatang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.