Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah
Keywords:
Modul Pembelajaran, Berbasis Masalah, Sistem DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana hasil pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Sistem Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, (2) Mengetahui hasil uji validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Sistem Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, (3) Mengetahui hasil uji kelayakan mengenai pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Sistem Digital di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development(R&D)), model penelitian dan pengembangan yang digunakan penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Sistem Digital Jurusan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM memiliki presentase 93% penilaian materi sedangkan presentase 96% penilaian pada modul dengan kategori sangat valid. Modul Sistem Digital dinyatakan praktis memiliki presentase 91,9% dengan kategori sangat praktis. Modul Sistem Digital dikatakan efektif ditinjau dari hasil belajar mahasiswa secara mandiri mencapai presentaseketuntasan klasial 87% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul pembelajaran Sistem Digital layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Downloads
References
I. A. Fahwa, R. T. Mangesa, and A. B. Kaswar, “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Sistem Operasi di Program Studi PTIK Universitas Negeri Makassar,” INTEC Journal: Information Technology Education Journal, vol. 2, no. 2, 2023.
E. Nuryasana and N. Desiningrum, “Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa,” Inovasi Penelitian, vol. Vol. 1, no. No. 5, pp. 967–974, 2020.
I. Magdalena, T. Sundari, S. Nurkamilah, D. Ayu Amalia, and U. Muhammadiyah Tangerang, “Analisis Bahan Ajar,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. Vol. 2, no. No. 2, pp. 311–326, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Raden Negara, amay Suherman, and Yayat, “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Smk 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi,” Mechanical egineering education, vol. 6, pp. 64–70, 2019.
Syamsidah and H. Suryani, “Buku Model Problem Based Learning,” 2018.
V. R. Bulu and R. L. Nahak, “Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, p. 88, Mar. 2020, doi: 10.33394/jk.v6i1.2331.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhikmah, Satria Gunawan Zain, Hendra Jaya
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.