Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Penggunaan Arduino Beserta Komponen-Komponen Berbasis Android

Authors

  • Muhammad Syafaat Putra Universitas Negeri Makassar
  • Massikki Universitas Negeri Makassar
  • Satria Gunawan Zain Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.349

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi android, arduino

Abstract

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Penggunaan Arduino Beserta Komponen-Komponen Berbasis Android. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer. Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing Oleh Massikki dan Satria Gunawan Zain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan, keefektifan, kepraktisan dan tanggapan pengguna terhadap aplikasi pembelajaran penggunaan arduino beserta komponen-komponen berbasis android. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model yang digunakan adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas PTIK F 2021. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian adalah menghasilkan aplikasi pembelajaran penggunaan arduino beserta komponen-komponen berbasis android yang praktis, efektif dan layak digunakan. Kelayakan dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan mendapat kategori sangat valid dari masing-masing ahli. Dilihat dari hasil uji kepraktisan dengan pada kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan kategori sangat baik. Dilihat dari hasil uji keefektifan pada pre-test dan post-test menunjukkan tingkat pencapaian 98,1% dengan kategori sangat efektif. Dan untuk tanggapan pengguna mendapatkan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Belajar Arduino dapat dijadikan alat bantu dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Irmayanti, D. D. Andayani, dan I. Suhardi, “Evaluasi Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Di Tengah Pandemi Covid-19,” INTEC Jurnal. Information Technologi Education Jurnal., vol. 1, no. 1, pp. 100–103, 2022.

J. B. Kelana, M. A. Wulandari, dan D. S. Wardani, “Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary., vol. 4, no. 1, pp. 18–22, 2021.

G. Far-Far, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran,” Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah., vol. 17, no. 1, pp. 1–5, 2021.

Welty, G, “‘ The “ Design ” Phase of the ADDIE Model ,’” Journal GXP Compliance, vol. 11, no. 4, pp. 40–48, 2007.

Rochmad, “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,” Jurnal Kreano, vol. 3, no. 1, pp. 32–39, 2012.

Umar, “Peran Dan Fungsi Media Pembelajaran,” Jurnal IAIN Metro (Institut Agama Islam Negeri), vol. 11, no. 1, pp. 131–144, 2014.

Khaeruddin, “Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran Sejarah Secara Daring,” INTEC jurnal Information Technologi Education Journal., vol. 2, no. 2, pp. 34–38, 2023.

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

Muhammad Syafaat Putra, Massikki, & Satria Gunawan Zain. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Penggunaan Arduino Beserta Komponen-Komponen Berbasis Android. Information Technology Education Journal, 2(3), 5–11. https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.349

Most read articles by the same author(s)