Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK

Authors

  • Udin Sidik Sidin Given Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Yusuf Mappeasse Universitas negeri Makassar
  • Vira Yuniafrida Universitas negeri Makassar

Keywords:

Pengaruh, Hybrid Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran hybrid learning terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 22 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini menggunakan kelas XI MIPA 1. Pengambilan data menggunakan angket, dokumentasi dan observation checklist. Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran hybrid learning terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran hybrid learning memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 1. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan angket penerapan model pembelajaran hybrid learning menunjukkan sebesar 80% dari pertanyaan observation checklist mendapat respon positif. Adapun hasil dari angket motivasi belajar klasifikasi tinggi sebanyak 96% dan sebanyak 4% berada pada level sedang. Hasil uji-t dari data penelitian menunjukkan thitung = 0.743 > dari ttabel = 0.006 maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran hybrid learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 22 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Mangesa, R. T & Mappaloteng, A. M, Mengoptimalkan kualitas proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif dengan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Kepada Maasyarakat, 2019.

Djamaluddin, A., & Wardana, Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Annauval, A. R, & Ghofur, M. A, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2114-2122, 2021.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

Khasanah, Efektivitas Model Hybrid learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di UPT SMA Negeri 1 Banyuasin. Skripsi. Sriwijaya: Universitas Sriwijaya, 2022.

Sulthoniyah, Efektivitas Model Hybrid learning dan Blended Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Jurnal Basicedu, 2022.

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Given, U. S. S., Muh. Yusuf Mappeasse, & Vira Yuniafrida. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK . Information Technology Education Journal, 2(3), 106–110. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/685

Most read articles by the same author(s)