Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar

Authors

  • A. M. Mursalim Bintang Universitas Negeri Makassar
  • Alimuddin Sa’ban Miru
  • Muliaty Yantahin

Keywords:

Media, Digital, Marketing, Pendapatan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari pemanfaatan media digital marketing terhadap pendpatan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket. Variabel bebas dari penelitian ini ialah pengaruh pemanfaatan media digital marketing dan variabel terikatanya yaitu pendapatan pelaku UMKM. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Panakkukang Kota makassar yang di mulai pada bulan april hingga juni 2023. Subjek dari penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Panakkukang yang menggunakan media digital sebagai media pemasaran dan promosi produk. Pengambilan sampel menggunakan convenience sampling kemudian diperoleh sebanyak 36 sampel. Data penelitian diperoleh dari angket, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital marketing oleh para pelaku UMKM di Kecamatan panakkukang berada pada kategori sedang, dan ada pengaruh pemanfaatan media digital marketing terhadap pendapatan pelaku UMKM, yang dibuktikan dengan uji regresi linier sedrhana, dimana nilai signifikan lebih kecil dari probabilitas 0,1 atau 0,00 < 0,1, dan uji model summary X terhadap Y dimana nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,828, adapun dari hasil tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,685 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 68,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Hidayah, “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store,” Marketing, p. 149, 2018.

Y. Tresnawati and K. Prasetyo, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner,” J. New Media Commun., vol. 1, no. 1, pp. 43–57, 2022, doi: 10.55985/jnmc.v1i1.5.

J. Tarigan and R. Sanjaya, Bussiness-Driven Information System. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

N. Patel, “Marketing Prediction Digital,” NP Digital. [Online]. Available: https://neilpatel.com/blog/marketing-predictions-digital/

A. Hasan, Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta, 2013.

F. Achyani and S. Lestari, “Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017),” Ris. Akunt. dan Keuang. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 77–88, 2019, doi: 10.23917/reaksi.v4i1.8063.

M. A. Purba, “Analisis Penerapan Sak Emkm Pada Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Di Kota Batam,” J. Akunt. Barelang, vol. 3, no. 2, pp. 55–63, 2019, doi: 10.33884/jab.v3i2.1219.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

A. M. Mursalim Bintang, Alimuddin Sa’ban Miru, & Muliaty Yantahin. (2024). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Media Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar. Information Technology Education Journal, 3(2), 1–4. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/698

Issue

Section

Articles