Pengembangan Media Pembelajaran Subnetting IPV4 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

Authors

  • Febry Maryani Yatu Universitas Negeri Makassar
  • Yunus Tjandi Universitas Negeri Makassar
  • Jumadi M Parenreng Universitas Negeri Makassar
  • Alimuddin Sa’ban Miru Universitas Negeri Makassar
  • Haripuddin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.220

Keywords:

Media Pembelajaran, Subnetting IPV4, Android, ISO 25010

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran subnetting IPv4 berbasis android pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas XI jurusan TKJ SMKN 2 Gowa dan mengetahui hasil pengujian media pembelajaran subnetting IPv4 berbasis android berdasarkan standar ISO 25010 pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas XI jurusan TKJ SMKN 2 Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dan model pengembangan ADDIE dengan melalui tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Media yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan kuisoner (angket). Hasil pengembangan membuktikan bahwa media pembelajaran subnetting IPv4 berbasis android sangat layak digunakan karena telah memenuhi pengujian instrument melalui validator konten dan media, serta telah memenuhi standar pengujian ISO 25010 dengan hasil pengujian aspek functionality suitability dengan hasil pengujian berada pada kategori “sangat layak”. Pengujian usability berada pada kategori “sangat baik”. Pengujian performance efficiency berada pada kategori A “sangat baik”. Pengujian portability berada pada kategori “sangat baik”. Pengujian compatibility berada pada kategori “sangat baik”. Pengujian maintainability aplikasi pengembang akan memberikan informasi jika terdapat kesalahan sehingga berapa pada kategori “sangat baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta., 211. www.iranesrd.com

Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 29–33.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 12–14.

Borg, W.R. & Gall, M. D. G. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Hidayatulloh, S., Ilham, P. M., & Lase, M. (2020). Calculation Application for Subnetting IPv4 Address on Android. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 4(1), 112–118. https://doi.org/10.31289 /jite.v4i1.3827

Kasman, A. D. (2016). Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP & MYSQL. LokoMedia, Yogyakarta, 2.

Mulyatiningsih. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan. 1, 409–423.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Purwanto, Y., & Riadi, I. (2013). Implementasi Multimedia Sebagai Media Pembelajaran (Studi Kasus : Materi Subnetting Pada IPv4). JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 1(1), 201–208.https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2531

Ulfa, maria. (2014). Perbandingan Ipv4 Dan Ipv6 Dalam Membangun Jaringan Local Area Network (Lan). Jurnal Ilmiah Matrik, 3, 221–234.

Vaughan, T. (2006). Multimedia: Making It Work,Edisi 6. Yogyakarta : ANDI, 161.

Zuliana dan Irwan Padli. (2013). Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal di Kota Medan Berbasis Android. Jurnal. IAIN Sumatera Utara Medan.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Febry Maryani Yatu, Yunus Tjandi, Jumadi M Parenreng, Alimuddin Sa’ban Miru, & Haripuddin. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Subnetting IPV4 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Information Technology Education Journal, 1(1), 93–99. https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.220

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>