PENERAPAN STARTEGI DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI HOTEL MARIO INN DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Ilma Wulansari Hasdiansa Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Hasbiah Universitas Negeri Makassar
  • Annisa Paramaswary Aslam Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Fadilah Aswar Universitas Negeri Makassar
  • Rezky Amalia Hamka Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.177

Keywords:

Digital Marketing, Media Sosial, Hotel, Pariwisata, COVID-19

Abstract

Industri  pariwisata  merupakan  salah  satu  industri yang  memiliki  kontribusi  besar dalam  perekonomian Indonesia. Kota  Makassar  merupakan  salah  satu daerah  di  Provinsi Sulawesi Selatan  yang  memiliki potensi pariwisata yang cukup besar.  Salah satukomponen dalam industry pariwisata adalah perhotelanatau penginapan. Pandemi COVID-19 yang melandasejak Maret 2020 berdampak signifikan terhadapkunjungan wisatawan khususnya mancanegara. Salah satu usaha perhotelan yang terkena dampak adalahHotel Mario Inn, dimana tamu dari Hotel Mario Inn selama 2020 hingga kini hanya yang berasal dariwisatawan local. Terlebih hingga saat ini Hotel Mario Inn hanya mengandalkan teknik promosi secara offlineseperti dengan memasang spanduk di depan hotel. Hal ini membuat jangkauan hotel kurang diketahui oleh target konsumen terutama wisman. Tujuan pengabdianini adalah untuk membantu Hotel Mario Inn dalammengembangkan digital marketing agar dapatdijangkau oleh lebih banyak orang serta merancangbeberapa promosi agar menarik perhatian calon tamukhususnya wisatawan mancanegara. Metode yang digunakan dalam dalahmetode   deskriptif   kualitatifdengan   teknik   pengambilan   data   observasi, wawancara,   studi   pustaka   juga   menafsirkan   dan   menguraikan   data   yang   ada bersamaan dengansituasi yang sedang terjadi. Hasil dari pengabdian, menunjukkan bahwa  penerapan  pemasaran  melaluidigital dan sosial media memiliki  dampak  positif  bagi Hotel  Mario Inn.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Hasdiansa, I. W., Hasbiah, S., Aslam, A. P., Aswar, N. F., & Hamka, R. A. (2023). PENERAPAN STARTEGI DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI HOTEL MARIO INN DI KOTA MAKASSAR. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i1.177