PELATIHAN 3D MODELLING PADA KOMUNITAS STOFO, KOMUNITAS KARTUNIS TERBESAR KOTA MAKASSAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i2.575

Keywords:

3D Max, 3D modelling, Komik, Revolusi Industri 4.0, Society 5.0.

Abstract

Tujuan dari pengabdian in adalah memberikan kemampuan dan pemahaman kepada komunitas Stofo dalam menggunakan aplikasi 3D Max dalam membuat komik. Kemampuan dan pemahaman atau mindset sangat penting diberikan agar komunitas ini tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi mereka paham bahwa aplikasi 3D Modelling menjadi satu bagian dalam membaut karya komik dalam dunia international. Sehingga para komikus Stofo mampu membuat komik chapter dan terjun kedalam dunia bisnis seperti desain industri, Webtone dan lainnya pada era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0 dengan baik. Metode yang digunakan adalah mindset atau pemahaman polapikir tentang pentingnya belajar 3D modelling, dan juga pemberian tutorial secara bertahap didalam lab komputer. Para komikus akan diajarkan secara step by step atau secara bertahap mulai dari dasar dalam menggunakan aplikasi 3D Max. Dimulai dengan menggunakan tools yang sering diaplikasikan, dan membuat bentuk 3D modeling yang sederhana. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa; (1) minat peserta kegiatan sangat tinggi dalam mengaplikasikan aplikasi 3D Modelling untuk membuat komik; (2) peserta kegiatan mampu membuat latar 3 dimensi pada latar komik; (3) peserta kegiatan tertarik dalam mengembangkan kemampuan mereka dalam menggunakan 3D modelling untuk komik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-06

How to Cite

Aswar, Makawi, F. E., & Hatta, H. (2023). PELATIHAN 3D MODELLING PADA KOMUNITAS STOFO, KOMUNITAS KARTUNIS TERBESAR KOTA MAKASSAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 . Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 196–200. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i2.575