Analisis Penerapan Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran TIK di SMAN 6 Soppeng
Keywords:
Augmented Reality, Pretest-Posttest, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TIK di SMAN 6 Soppeng dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR). Penelitian menerapkan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah nilai Pretest dan Posttest, serta hasil observasi oleh observer. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 60 siswa, yang kemudian dibagi atas dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada pelaksanaan penelitian kelompok eksperimen diterapkan media pembelajaran Augmented Reality dan kelompok kontrol menerapkan media pembelajaran Power Point. Dalam implementasi penerapan media pembelajaran siklus I pembelajaran terdiri atas 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase 90% kategori sangat baik, dan memperoleh nilai rata-rata hasil posttest sebesar 86,53. Sedangkan kelas kontrol dengan media pembelajaran Power Point memperoleh persentase 80% dengan kategori baik dan hasil rata-rata nilai posttest 81,40. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan media pembelajaran Power Point.
Downloads
References
Pratiwi, dkk. (2021). Analisis penerapan metode games education dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jakarta: Jago MIPA.
Ditya Wiyana. (2021). Pengembangan Media Pembelaja-ran Augmented Reality pada Sistem Reproduksi Manusia. Universita Negeri Semarang.
Wahid, Abdul. (2018). “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar”. Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan DDI Pinrang. Sulawesi Selatan.
Kurniati, Iin., Hasrul, B., & Mappeasse, M. Y. (2020). “Pengembangan Media Pembela-jaran Interaktif Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah Marioriwa-wo Menggunakan Adobe Animate”. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar.
Pramono, Andy. (2013). Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal ELTEK, Vol. 11, No.1.
Pribadi, Benny A. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Faradillah; Dyah Darma Andayani, Muhammad Yusuf Mappeasse
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.