Evaluasi Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Di Tengah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.221Keywords:
Covid-19, Kepuasan Mahasiswa, EvaluasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan Komputer terhadap pembelajaran berbasis online di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 305 mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer angkatan 2017-2020 Fakultas Teknik UNM. Data penelitian diperoleh dari kuisioner dan dokumentasi adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 305 sampel penelitian, terdapat 207 mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Angkatan 2017-2020 Universitas Negeri Makassar yang merasa puas terhadap pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemic Covid-19 dengan persentase 68.87%.
Downloads
References
Arnesi, N., & Hamid, A. 2015. Penggunaan media pembelajaran online- offlinedan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2407-7488. jurnal. unimed. ac.id
Daud, S.M, Basri, R. Nawawi, M.dkk. 2015. Hubungan antara factor interaksi, protokol persembahan dan aspek teknikal terhadap kepuasan pelajar pendidikan jarak jauh dalam pembelajaran talian.
Dewi, Fatma A. W.2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 55-61.
Hidayat, R., & Abdillah. 2019. Ilmu pendidikan konsep teori dan aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Http//repository.uinsu.ac.id.
Nugroho, W. 2021. Kepuasan siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Microsoft Teams dan video youtube pada materi program linier. The original Research of Mathematics, 111-121.
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran daring ditengah wabah Covid-19 (Online learning in the middle of the covid-19 pandemic). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 214-224
Sumaksana, E., Novita, L., & Sundari, S. F. 2017. Analsis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja Dosen Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid-19). Wellness and HealthyMagazine, 187–192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.