Pengembangan E-Commerce Jasa Pengecekan Plagiasi, Parafrase dan Translator

Authors

  • Dyah Darma Andayani Universitas Negeri Makassar
  • Edi Suhardi Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Brillian Virgo Utama Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.479

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan (R&D), E-Commerce, Website, ISO/IEC 25010

Abstract

Pada saat ini di zaman teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan dampak berkelanjutan dari globalisasi yang semakin dirasakan, digitalisasi dianggap sebagai sebuah keniscayaan yang akan datang cepat atau lambat di dalam berbagai lini bidang kehidupan. Hal tersebut berbanding lurus dengan semakin maraknya penggunaan media elektronik dalam hal ini internet dan pemanfaatan sistem serta basis data khususnya dalam aspek pendidikan dengan segala kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan. Namun fenomena tersebut tidak serta merta menjawab secara serentak kebutuhan di masyarakat terkhusus pada pemenuhan kebutuhan perihal pemeriksaan plagiarisme, parafrase dan penerjemahan yang jasanya masih ditawarkan lewat media sosial atau memanfaatkan e-commerce mainstream yang justru punya focus pada transaksi barang semata. Hal itu tentu menimbulkan keraguan baik dari sisi keamanan, kredibilitas dan kepercayaan pada para calon pelanggan, selain itu memanfaatkan e-commerce ­lain baik sebagai perantara promosi dan atau dengan mengakali sistem transaksinya adalah sebuah perbuatan ilegal dan melanggar syarat dan ketentuan e-commerce­ yang bersangkutan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan sistem E-Commerce Jasa Pengecekan Plagiasi, Parafrase dan Translator pada CV. Catur Semesta Solusi. Model pengembangan yang digunakan adalah prototyping dan menggunakan pengujian standar kualitas    ISO/IEC 25010 dengan pengujian aspek yakni functional suitability, usability, reliability, performance efficiency, portability, compatibility, security dan maintainability. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode studi literatur, dokumentasi dan angket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

U. Andayani, “Penggunaan Software Turn It In untuk Mendeteksi Tindakan Plagiarisme,” 2017.

M. Urva Madani and R. Ardianti, “Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020 Tema: Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Guna Mendukung Merdeka Belajar pada Era Revolusi Industry 4.0 dan Society Teknik Parafrase Dalam Ketrampilan Menulis Untuk Menghindari Plagiarisme,” Feb. 2020.

H. S. Disemadi and C. Kang, “Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0,” vol. 7, no. 1, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

A. S. At-Taqwa, “Pengembangan Sistem Informasi Badan Pelaksana Sains Universitas Negeri Makassar,” Universitas Negeri Makassar, Makassar, 2020.

A. E. Frasiskawati, “Pengembangan Sistem Informasi Mahasiswa Bidikmisi Berbasis Website Pada Universitas Negeri Makassar,” Universitas Negeri Makassar, Makassar, 2020.

M. S. Lamada, A. Sa’ban Miru, and R. Amalia, “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010,” vol. 3, no. 3, p. 1, 2020.

Downloads

Published

2023-09-27

How to Cite

Dyah Darma Andayani, Edi Suhardi Rahman, & Virgo Utama, B. (2023). Pengembangan E-Commerce Jasa Pengecekan Plagiasi, Parafrase dan Translator. Information Technology Education Journal, 2(3), 47–51. https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.479