Studi Tentang Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Komputer dan Implikasinya pada Pembelajaran

Authors

  • Hidayatullah Universitas Negeri Makassar
  • Iwan Suhardi Universitas Negeri Makassar
  • Hilda Ashari Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Tingkat Pemahaman Siswa, Komputer, Implikasi pada Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pemahaman komputer siswa di SMK Negeri 2 Makassar dan implikasinya pada pembelajaran dengan metode penelitian ex post facto, pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis data deskriptif kuantitatif. Analisis data statistik digunakan untuk menghitung mean, median, modus, dan persentase dari kuesioner dan observasi. Hasil uji validitas menunjukkan valid dari kuesioner terkait pemahaman siswa terhadap komputer dan implikasinya pada pembelajaran. Hasilnya menunjukkan rata-rata persentase pemahaman siswa terhadap komputer sebesar 69.78%, dengan implikasi pada pembelajaran sebesar 69.21%. Uji reliabilitas menunjukkan tingkat reliabilitas yang sangat tinggi (>0.81). Observasi tingkat pemahaman siswa rata-rata 69.48%, sementara observasi implikasi tingkat pemahaman terhadap pembelajaran adalah 69.93%. Secara keseluruhan, rata-rata persentase dari keempat jenis kuesioner adalah sekitar 69%, dengan median antara 67.20% hingga 69.80%. Modus masing-masing kategori kuesioner berbeda, menunjukkan variasi pemahaman siswa terhadap komputer. Tingkat pemahaman siswa terhadap komputer memiliki modus 60%, observasi tingkat pemahaman siswa terhadap komputer memiliki modus 69.60%, implikasi tingkat pemahaman siswa terhadap komputer pada pembelajaran memiliki modus 68.80%, dan observasi implikasi tingkat pemahaman siswa terhadap komputer pada pembelajaran memiliki modus 67.20%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, Keterampilan dasar pengoperasian komputer. Bandung: CV. Yrama Widya, 2004.

J. V. Gordon Dryden, Revolusi cara belajar the learning revolution. Bandung: Kaifa, 2003.

Anas Sudijono, Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

B. . Bloom, Taxonomy of educational objective. New York: Longman, 2014.

N. Purwanto, Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

O. Hamalik, Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002.

I. Gunawan and A. R. Paluti, “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif,” E-Journal.Unipma, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2017, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Hidayatullah, Iwan Suhardi, & Hilda Ashari. (2024). Studi Tentang Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Komputer dan Implikasinya pada Pembelajaran. Information Technology Education Journal, 3(2), 90–98. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/2166

Issue

Section

Articles