Evaluasi Penggunaan Model Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Muh. Putra F. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  • Fathahillah Universitas Negeri Makassar
  • Nuridayanti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Evaluasi, Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 10 Makassar, khususnya pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Dalam analisis evaluasi, model PBL terbukti memberikan dampak positif terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Hasil analisis paired samples statistics menunjukkan peningkatan rata-rata hasil pembelajaran setelah PBL, yang secara signifikan lebih tinggi daripada sebelum PBL. Korelasi yang kuat antara hasil pembelajaran sebelum dan setelah PBL menegaskan dampak positif secara statistik. Analisis regresi menunjukkan bahwa Observasi Implementasi Model PBL berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi kepuasan siswa terhadap penggunaan Model PBL. Meskipun secara umum tingkat kepuasan dapat dikategorikan sebagai cukup dengan persentase 66.58%, variasi persepsi siswa menunjukkan perlunya peningkatan dalam manajemen aspek tertentu seperti kejelasan instruksi, keterlibatan siswa, dan relevansi materi pembelajaran dengan kebutuhan praktis dalam dunia industri. Hasil survei kepuasan siswa memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang persepsi siswa terhadap Model PBL. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah melanjutkan penelitian terkait dengan aspek tertentu yang memerlukan perlunya peningkatan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Kolaborasi dengan lembaga pendidikan dan industri diharapkan dapat memberikan sudut pandang yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, “Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” vol. 4, no. 1, pp. 147–173, 2003.

S. B. D. & A. Zein, Strategi belajar mengajar, Cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,” Peratur. menteri Pendidik., vol. 53, no. 9, pp. 1–11, 2014, [Online]. Available: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014

Rusman, Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

D. Y. Aryanti, S. Ulandari, and A. S. Nuro, “Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka,” Semin. Nas. Has. Ris. Dan Pengabdi., pp. 1915–1925, 2023.

R. Ananda and T. Rafida, Pengantar Evaluasi Program Pendidikan, vol. 53, no. 9. 2017.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Muh. Putra F., Fathahillah, & Nuridayanti. (2024). Evaluasi Penggunaan Model Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka. Information Technology Education Journal, 3(2), 75–80. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/2167

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)