Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web

Authors

  • Udin Sidik Sidin Universitas Negeri Makassar
  • Muliadi Universitas Negeri Makassar
  • Abner Bumbungan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengembangan, Sistem Informasi Sekolah, web, Prototype, ISO 25010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan hasil uji sistem informasi sekolah berbasis web di SMKS Wahyu 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, serta menggunakan model pengembangan prototype yang terdiri dari tahapan pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan menggunakan sistem. Analisis data yang digunakan berdasarkan standar kelayakan  ISO 25010 yang terdiri dari delapan aspek. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan standar kualitas ISO 25010, sistem informasi sekolah berbasis web di SMKS Wahyu 1 Makassar telah memenuhi standar dimana: functional suitability dengan nilai 100% (diterima), b) performance efficiency dilakukan dengan menggunakan aplikasi GTMetriks diperoleh hasil load sebesar 1,0 detik (grade B), c) compatibility dilakukan uji coba pada 4 perangkat (Android 6.0 (Marsmallow), iOS 16.12, Android 12, Android 10 (Android Q)) diperoleh nilai berhasil dari semua perangkat, d) usability yang dilakukan pada 30 orang responden dengan mengajukan sebanyak 30 pertanyaan menggunakan USE Questionnaire oleh Arnold M. dan diperoleh nilai 81% (sangat layak), e) reliability keberhasilan pengujian sebesar 100% (memenuhi), f) security pada tingkat medium, g) maintainability mudah dirawat, dan h) portability dilakukan uji coba pada 5 browser diperoleh tidak ditemukan error pada tampilan dan fungsi dari semua browser. Sistem informasi sekolah berbasis web di SMKS Wahyu 1 Makassar dapat digunakan dalam pengelolaan data-data yang berkaitan dengan kegiatan sekolah. Admin dapat dengan mudah mengelola informasi mengenai sekolah, dan user dapat dengan mudah mengakses informasi sekolah beserta kegiatan sekolah lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Rochaety, Eti, Ridwan Z., Faizal, Setyowati, Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

J. Seah and M. Rasid Ridho, @Perancangan Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang Untuk Alat Berat Berbasis Desktop Pada CV Batam Jaya,” Comasie, vol. 3, no. 2, pp. 21–30, 2020.

Sanatang, A. B. Kaswar, and Jamila, “Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian SMA Negeri 2 Polewali Berbasis Web,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 32–40, 2022.

A. Zaenal, Evaluasi pembelajaran prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

M. I. Dzulhaq, R. Tullah, and P. S. Nugraha, “Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Kurikulum 2013,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2017.

Sugiyono Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Udin Sidik Sidin, Muliadi, & Abner Bumbungan. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web. Information Technology Education Journal, 3(1), 75–80. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/377

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)