Analisis Komponen Antecedents E-Learning, Kesiapan Digital, dan Perilaku Penggunaan Terhadap Kinerja E-Learning
Keywords:
Komponen Antecedents, Kesiapan Digital, Perilaku, Kinerja E-LearningAbstract
Berkembangnya teknologi dan internet pada dunia pendidikan membuat penggunaan E-Learning dijadikan sebagai alternatif pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh faktor-faktor antecedents E-Learning, kesiapan digital, dan perilaku pengguna dalam konteks pengembangan sistem E-Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodepenelitian deskriptif.Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 41 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran kuesioner menggunakan platform Google form. Analisis data dilakukan menggunakan SkalaLikert dengan tujuan untuk memberikan skor dalam bentuk skala pada setiap pernyataan dalam kuesioner. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan e-learning memiliki efek positif yang signifikan. Perlu dilakukan evaluasi berkala terhadap sistem E-Learning untuk meningkatkan kualitas berdasarkan umpan balik dari pengguna.
Downloads
References
M. P. Berlianto, “Anteseden dan Konsekuensi Kepuasan terhadap Penggunaan E-Learning pada Mahasiswa,” J. Ekon. Dan Bisnis, vol. 20, no. 2, p. 229, Nov. 2017, doi: 10.24914/jeb.v20i2.1023.
M. A. Almaiah, A. Al-Khasawneh, and A. Althunibat, “Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during COVID-19 pandemic,” Educ. Inf. Technol., vol. 25, no. 6, pp. 5261–5280, Nov. 2020, doi: 10.1007/s10639-020-10219-y.
I. Iswantun, “Dampak PJJ; Pengaruh Motivasi, Kesiapan dan Interaksi Belajar Terhadap Pengetahuan Media dan E-Learning,” J. Instr. Dev. Res., vol. 2, no. 3, pp. 95–105, Jun. 2022, doi: 10.53621/jider.v2i3.132.
S. Silahuddin, “Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, Sep. 2015, doi: 10.22373/crc.v1i1.310.
N. Yuliany and A. Kusumayanti, “Readiness Level of E-Learning Implementation of Mathematics Education Department,” vol. 2, 2020.
R. M. B. Kmurawak and S. A. Mandowen, “Pengukuran Tingkat Kesiapan E-learning Guru di Kota Jayapura di Masa Pandemik Covid-19,” Techno.Com, vol. 20, no. 4, pp. 518–526, Nov. 2021, doi: 10.33633/tc.v20i4.5168.
I. Permatasari, “Pengaruh E-Learning Sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang,” vol. 07, 2018.
M. Sukarno, “Dinamika Perkembangan E-learning dan Tantangannya Dalam Media Pembelajaran,” Kontinu J. Penelit. Didakt. Mat., vol. 4, no. 2, p. 110, Nov. 2020, doi: 10.30659/kontinu.4.2.110-124.
S. Suhandiah, P. Sudarmaningtyas, and A. Ayuningtyas, “Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, p. 108, Dec. 2019, doi: 10.30651/aks.v4i1.3470.
I. Tiari, Z. Zulkardi, and S. M. Siahaan, “Pengembangan e-learning berbasis chamilo pada pembelajaran simulasi dan komunikasi digital,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2020, doi: 10.21831/jitp.v6i2.28490.
D. Benta, G. Bologa, and I. Dzitac, “E-learning Platforms in Higher Education. Case Study,” Procedia Comput. Sci., vol. 31, pp. 1170–1176, 2014, doi: 10.1016/j.procs.2014.05.373.
S. Goyal, “E-Learning: Future of Education,” J. Educ. Learn. EduLearn, vol. 6, no. 4, p. 239, Sep. 2012, doi: 10.11591/edulearn.v6i4.168.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irwansyah Suwahyu, Muh. Agung Sidiq, Muh. Reyhansyah Syahrir, Hanum Zalsabilah Idham
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.