Analisis Literasi AI Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi

Authors

  • Irwansyah Suwahyu Universitas Negeri Makassar
  • Ari Andrian Waratman Universitas Negeri Makassar
  • Angga Adit Pratama Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengaruh, Literasi, AI, Mahasiswa, Perguruan Tinggi

Abstract

Artikel ini membahas dampak pengintegrasian kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks perbedaan generasi antara penduduk asli digital dan imigran teknis. AI dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, dan relevansi perguruan tinggi, seperti personalisasi pengalaman belajar, otomatisasi penilaian, analisis data, pengembangan konten perkuliahan interaktif, dan dukungan siswa berbasis AI. Namun, AI juga menghadapi tantangan terkait privasi data, etika penggunaan, dan kebutuhan pelatihan guru yang memadai. Oleh karena itu, artikel ini menekankan betapa pentingnya pemahaman mendalam, pelatihan yang tepat, dan praktik etis yang kuat dalam menerapkan AI di perguruan tinggi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan siswa tentang AI dan implikasinya terhadap pandangan mereka terhadap penerapan AI secara etis dan sosial. Metodologi penelitiannya mencakup pengembangan alat penilaian pengetahuan AI yang komprehensif, yang diberikan pada sekelompok siswa sebagai sampel. Alat ini mengukur empat elemen kemahiran AI:  kesadaran, penggunaan, evaluasi, dan etika. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasilnya menunjukkan perbedaan tingkat pengetahuan AI, dengan perbedaan persepsi dan penggunaan AI, sedangkan aspek evaluasi dan etika perlu mendapat perhatian lebih. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan tentang kesenjangan pengetahuan AI antara generasi digital native dan imigran, serta menyoroti tantangan yang dihadapi organisasi pendidikan tinggi dalam beradaptasi dengan perkembangan AI. Signifikansi penelitian ini terletak pada peran budaya AI dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja yang semakin melekat dengan teknologi AI dan dalam memecahkan permasalahan sosial terkait AI.Teknologi AI di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Subur Anugerah, “STRATEGI PEMBERDAYAAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI SELARAS INDUSTRI 4.0,” 2019, doi: 10.13140/RG.2.2.11079.44965.

M. Z. B. Saringat and R. Koesdijarto, “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa”.

D. David, “Artificial Intelligence as Solution in Facing the Age of Digital Disruption 4.0,” JUDIMAS, vol. 1, no. 1, p. 107, Jan. 2021, doi: 10.30700/jm.v1i1.1090.

S. Jayanegara and M. Rifqie, “PKM Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Kiat Sukses Untuk Menulis PKM-AI dan PKM-GT bagi Mahasiswa,” vol. 1, 2023.

H. Lv, S. Shi, and D. Gursoy, “A look back and a leap forward: a review and synthesis of big data and artificial intelligence literature in hospitality and tourism,” J. Hosp. Mark. Manag., vol. 31, no. 2, pp. 145–175, Feb. 2022, doi: 10.1080/19368623.2021.1937434.

S. T. Mueller, R. R. Hoffman, W. Clancey, and A. Emrey, “Explanation in Human-AI Systems: A Literature Meta-Review Synopsis of Key Ideas and Publications and Bibliography for Explainable AI”.

D. Manongga, U. Rahardja, I. Sembiring, N. Lutfiani, and A. B. Yadila, “Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 3, no. 2, pp. 41–55, Nov. 2022, doi: 10.34306/abdi.v3i2.792.

M. Yanti, “Determinan literasi digital mahasiswa: kasus Universitas Sriwijaya [Determinants of students digital literacy: the case of Sriwijaya University],” Bul. Pos Dan Telekomun., vol. 14, no. 2, p. 79, Dec. 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140202.

I. Lee, S. Ali, H. Zhang, D. DiPaola, and C. Breazeal, “Developing Middle School Students’ AI Literacy,” in Proceedings of the 52nd ACM Technical Symposium on Computer Science Education, Virtual Event USA: ACM, Mar. 2021, pp. 191–197. doi: 10.1145/3408877.3432513.

S. Druga, S. T. Vu, E. Likhith, and T. Qiu, “Inclusive AI literacy for kids around the world,” in Proceedings of FabLearn 2019, New York NY USA: ACM, Mar. 2019, pp. 104–111. doi: 10.1145/3311890.3311904.

V. González-Calatayud, P. Prendes-Espinosa, and R. Roig-Vila, “Artificial Intelligence for Student Assessment: A Systematic Review,” Appl. Sci., vol. 11, no. 12, p. 5467, Jun. 2021, doi: 10.3390/app11125467.

D. Long and B. Magerko, “What is AI Literacy? Competencies and Design Considerations,” in Proceedings of the 2020 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, Honolulu HI USA: ACM, Apr. 2020, pp. 1–16. doi: 10.1145/3313831.3376727.

Y. Yi, “Establishing the concept of AI literacy: Focusing on competence and purpose,” JAHR, vol. 12, no. 2, pp. 353–368, 2021, doi: 10.21860/j.12.2.8.

Suariqi Diantama, “Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan,” DEWANTECH J. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 8–14, Aug. 2023, doi: 10.61434/dewantech.v1i1.8.

S. R. R. Putri Supriadi, S. U. Haedi, and M. M. Chusni, “Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0,” J. Penelit. Sains Dan Pendidik. JPSP, vol. 2, no. 2, pp. 192–198, Oct. 2022, doi: 10.23971/jpsp.v2i2.4036.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Irwansyah Suwahyu, Ari Andrian Waratman, & Angga Adit Pratama. (2024). Analisis Literasi AI Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Information Technology Education Journal, 3(1), 81–85. Retrieved from https://journal.unm.ac.id/index.php/INTEC/article/view/2912

Issue

Section

Articles