Pemanfaat Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Pembelajaran di Daerah Penyangga Ibukota Negara (IKN)

Penulis

  • Indira Anggriani Institut Teknologi Kalimantan
  • Riyan Benny Sukmara Institut Teknologi Kalimantan
  • Bima Prihasto Institut Teknologi Kalimantan
  • Nur Fajri Azhar Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i2.567

Kata Kunci:

Ibukota Negara, OpenAI API, Pembelajaran, Teknologi

Abstrak

Di era digital, teknologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari – hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengelaborasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu dan sumber daya dalam membuat soal ujian dan tes. Untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan inovasi dalam pembelajaran di era digital. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan teknologi OpenAI API pada pembuatan soal otomatis, dapat memperbaiki masalah yang masih terbatasnya SDM guru serta pada pembuatan soal ujian yang masih dilakukan secara manual di sekolah daerah penyangga IKN. Pada pelatihan ini, para guru diajarkan dalam penggunaan teknologi OpenAI API untuk mendukung pembelajaran di sekolah, khususnya di daerah penyangga Ibukota Negara (IKN).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-10-05

Cara Mengutip

Indira Anggriani, Riyan Benny Sukmara, Bima Prihasto, & Nur Fajri Azhar. (2023). Pemanfaat Kecerdasan Buatan dalam Pengembangan Pembelajaran di Daerah Penyangga Ibukota Negara (IKN). Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 131–134. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v1i2.567