Pengembangan Modul Praktikum Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMKN 1 Halmahera Timur
Keywords:
Modul Pembelajaran, Komputer dan Jaringan DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil pengembangan modul praktikum pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar jurusan TKJ di SMKN 1 Halmahera Timur, (2) mengetahui tanggapan pengguna terhadap modul praktikum pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar jurusan TKJ di SMKN 1 Halmahera Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian (R&D), dengan mengunakan model 4-D. subjek penelitian ini ada pada 1 kelas yang terdapat 30 siswa (responden) adapun instrument yang di gunakan untuk penilaian pengembangan modul yaitu meliputi lembar penilain ahli materi, lembar penilain ahli media dan angket respon terhadap pengguna modul pembelajaran, dapat di tarik kesimpulan bahwa pengembangan modul pembelajaran berada pada kategori sangat layak dengan nilai presentase 97,5% dan 100%, sedangkan hasil responden siswa berada pada kategori 85,3% segingga berada pada kategori sangat baik, berdasarkan dari data tersebut dapat di simpulkan bahwa pengembangan modul praktikum pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada kategori sangat layak dan diterima untuk di gunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Setyawati, “Pengembangan Modul Pembelajaran,” Imajiner J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 5, hal. 224–236, 2019, doi: 10.26877/imajiner.v1i5.4473.
S. Subhan dan D. Kurniadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 1, hal. 74, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103755.
R. Ariana, “pengembangan modul mata kulia bahasa indonesia mengunakan model ADDIE bagi mahasiswa IAI sunan kalijogo malang,” vol. 2, no. 1, hal. 1–23, 2018.
I. Kurniati, H. Bakri, dan M. Y. Mappeasse, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah Marioriwawo Menggunakan Adobe Animate,” 2020.
I. Lestari, “Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 3, no. 2, hal. 115–125, 2018, doi: 10.30998/formatif.v3i2.118.
Nurhasanah, “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, hal. 128, 2019, doi: 10.17509/jpm.v1i1.3264.
I. Harta, S. Tenggara, dan P. Kartasura, “Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP,” Pengemb. Modul Pembelajaran untuk Meningkat. Pemahaman Konsep dan Minat SMP, vol. 9, no. 2, hal. 161–174, 2019, doi: 10.21831/pg.v9i2.9077.
Doniawan, “Pengembangan Modul Ajar Melakukan Perawatan Personal Computer (PC) Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Di SMK Negeri 2 Seririt,” vol. 2, hal. 946–950, 2019.
Lamada, “Pengembangan Modul Pembelajaran,” Imajiner J. Pengemb. Modul PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGEMNETED Real., vol. 1, no. 5, hal. 224–236, 2020, doi: 10.26877/imajiner.v1i5.4473.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurhaya Abubakar, Syamsurijal, Hendra Jaya, Suhartono, Muliadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.